Fahmi, Faisal (2015) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Siswa MTs Nurussalam Tersono Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021111255 FAISAL FAHMI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (32MB) |
|
Text
2021111255 FAISAL FAHMI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (13MB) |
Abstract
Pembentukan karakter pada hakikatnya memerlukan waktu yang panjang serta tidak dapat dilakukan dengan satu atau dua kegiatan saja, kemudian peran guru pendidikan agama Islam tidak serta merta menjadi penentu keberhasilan dalam pendidikan karakter tersebut. Oleh karena itu pembentukan karakter mernerlukan strategi yang tepat serta dapat bersinergi dengan kegiatan-kegiatan di dalam maupun di luar pembelajaran agama Islam. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Bagaimana implementasi peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?, Bagaimana efektivitas peran guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono?. Tujuan dari penulisan skripsi adalah Untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membangun karakter siswa di MTs Nurussalam Tersono, untuk mengetahui implementasi peran guru PAI dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono, untuk mengetahui efektivitas peran guru PAI dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode intreview, obsevasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah, Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono kabupaten Batang, adalah dengan strategi pembiasaan: Pembacaan doa sebelum dan sesudah pembelajaran dimulai, pemberian nasehat, sholat berjamaah, kegiatan PHBI, infaq sosial, serta berusaha menyebarkan salam dan berbicara santun antar anggota sekolah. Keteladanan: Pendekatan dalam metode keteladanan, yaitu metode keteladanan internal dan keteladanan eksternal. Reward and punishment: berusaha diberlakukan secara ideal dan strategis serta sesuai dengan prinsip-prinsip pedagogis dan disesuaikan dengan sembilan pilar karakter. Serta sinergitas dengan kegiatan ekstra pramuka. Kemudian efektivitas peran guru PAI dalam membangun karakter siswa MTs Nurussalam Tersono menunjukkan kategori baik, ini terlihat dari hasil data cek list yang telah penulis teliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran guru pendidikan agama islam, Membangun karakter | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 04:10 | ||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:10 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3589 |
Actions (login required)
View Item |