Hubungan kompetensi profesional guru aqidah akhlak dengan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran aqidah akhlak di MII Al-Amin Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Sudianto, Sudianto (2016) Hubungan kompetensi profesional guru aqidah akhlak dengan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran aqidah akhlak di MII Al-Amin Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202111310 SUDIANTO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Text (Thesis)
202111310 SUDIANTO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Guru sebagai pendidik mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam proses belajar-mengajar. untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, setiap guru sebaiknya memiliki beberapa kompetensi, artinya memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan prilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasainya dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Penelitian ini mengangkat pennasalahan tentang bagaimana kompetensi profesional guru Akidah Akhlak pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MII Al-Amin Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? Bagaimana Motivasi Belajar siswa kelas VI dalam mengikuti mata pelajaran Akidah Akhlak? Bagaimana hubungan kompetensi profesional guru Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mii Al-Amin Desa Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? Adapun tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru Aqidah Akhlak, Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa, Untuk mengetahui bagaimana hubungan profesionalisme guru Aqidah Akhlak terhadap motivasi belajar siswa, menambah cakrawala pengetahuan sebagai modal pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan mendidik, dapat menjadi wacana untuk mengembangkan keprofesionalan guru. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianfield research (penelitian lapangan), dimana analisis yang digunakan berupa data-data angka yang diolah dengan metode statistika. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode angket. Tekhnik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitiaan ini adalah dengan menggunakan rumus product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif, dimana dari hasil perhitungan telah didapat pada taraf signifikan l %, nilai f1 = 0,4 78 sedangkan n, = 0,5188 maka harga f1i > ft, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan motivasi belajar peserta didik di MI AL- Amin Kalibeluk Kecamatan Warungasem Kabuaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRifa'i, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:45
Last Modified: 29 Aug 2023 04:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3591

Actions (login required)

View Item View Item