Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan

Chusniyyati, Naila (2015) Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111264 NAILA CHUSNIYYATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img] Text
2021111264 NAILA CHUSNIYYATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah usaha untuk membentuk karakter suatu bangsa. Hal tersebut sangat ditentukan oleh semangat, motivasi, nilai-nilai, dan tujuan dari pendidikan. Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan merupakan salah satu lembaga yang bertanggungjawab terhadap pembentukan karakter anak (character building). Dengan adanya pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di setiap jenjang pendidikan sekolah diharapkan mampu terbentuknya peserta didik yang memiliki akhlak mulia. SMP Negeri 6 Pekalongan merupakan sekolah berkarakter di Pekalongan yang senantiasa memelihara nilai-nilai karakter. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 pekalongan?, apa saja metode pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan?, dan bagaimana efektivitas pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 pekalongan, untuk mengetahui metode pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan, dan untuk mengetahui efektivitas pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) karena peneliti langsung terjun ke lokasi yang dijadikan objek penelitian yaitu SMP Ncgeri 6 Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP Negeri 6 Pekalongan mcnggunakan pendekatan scientific, dan di dalamnya menggunakan metode pembelajaran diskusi, praktek langsung, sosiodrama, tanya jawab dan penugasan. Metode pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, yaitu guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti menerapkan pembiasaan memberi penghormatan, pembiasaan pembacaan do'a sebelum memulai pelajaran, pembiasaan memberikan nasehat-nasehat kepada peserta didik, memberikan contoh atau teladan kepada peserta didik, pemberian reward dan punishment kepada peserta didik, serta memberikan pengarahan kepada peserta didik. Selain beberapa metode tersebut, ada beberapa cara atau metode yang dilakukan untuk membentuk karakter peserta didik di luar proses pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, yaitu kegiatan mencium tangan guru, kegiatan tadarrus pagi, BTQ pagi, shalat berjama'ah, kegiatan PHBI, ekstrakurikuler PAI, Infaq sosial siswa, kuliah ahad pagi, kegiatan character building, dan mengikuti kegiatan perlombaan. Adapun Efektivitas pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian yang dilakukan oleh guru terhadap karakter peserta didik baik di dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran, yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata karakter yang telah dibentuk menunjukan angka 3,3 yang berada pada interval angka 2,6 sampai 3,5 yang artinya efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:05
Last Modified: 31 Aug 2023 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item