Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar PAI Materi Sholat Fardlu Siswa Kelas III SD Kedungsego 02 Kecamata Tulis Kabupaten Batang Melalui Metode Demonstrasi

Munif, Muh. (2014) Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar PAI Materi Sholat Fardlu Siswa Kelas III SD Kedungsego 02 Kecamata Tulis Kabupaten Batang Melalui Metode Demonstrasi. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311200 MUH.MUNIF BAB I,V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other (Thesis)
2021311200 MUH. MUNIF FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu metode yang digunakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Kedungsegog 02 dalam meningkatkan keakifan belajar siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan metode demonstrasi adalah cara mengajar dimana pendidik mempertunjukkan tentang proses sesuatu, atau pelaksanaan sesuatu sedangkan peserta didik memperhatikannya. Metode monstrasi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar inya siswa bukan lagi bersifat pasif dalam pembelajaran namun siswa menj di pelaku dalam pembelajaran tersebut mereka aktif untuk mengernbangkan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keaktifan belajar PAl materi sholat fardlu siswa kelas III SD Kedungsegog O2 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan belajar PAI ateri sholat fardlu siswa kelas Ill SD Kedungsegog 02 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang sebelum dan sesudah menggunakan metode demonstrasi. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan masukan kepada guru di SD Kedungsegog 02 tentag cara dan upaya agar mereka lebih memperhatikan pola pendidikan dalam mendidik - dan meningkatkan keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran Jenis penelitian ini edalah Penelitian Tindakan Kelas , TK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokwnentasi dengan hasil tes/evaluasi. Mstods analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif de gan menggunakan rumus persentase. -Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi pada pra siklus diketahui bahwa kondisi keaktifan belajar siswa dalam belajar pada kateg ri cukup yakni 10 siswa atau 50 % dari jumlah siswa kelas III yaitu 20 siswa de gan basil ulangan mencapai rata-rata kelas 57 dengan KKM 60. Pelaksanaan tindakan pada siklus 1 bahwa kondisi keaktifan belajar siswa dalam belajar pada kategori sedang yakni 12 siswa atau 60 % dari jumlah siswa kelas III yaitu 20 siswa de gan hasil ulangan mencapai rata-rata kelas 60 dengan KKM 60. Pada pelaksanaan tindakan siklus 2 bahwakeaktifan belajar siswa pada kategori baik yakni 15 siswa tau 75 % dan basil ulangan harian siswa dengan rata-rata 62. Refleksi dari kondisi s us 1 ke siklus 2, dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar meningkat yakni pada kategori sedang, sedangkan basil belajar ada kenaikan rata-rata dari 60 menjadi 62 yakni meningkat 2 poin. Kesimpulan dari paparan hasil tindakan tersebut adalah bahwa melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan belajar PAI materi halat fardlu siswa kelas Ill SD Kedungsegog02 Kecamatan Tulis Kabupaten Batang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menumbuhkan Keaktifan Belajar PAI Melalui Metode Demokrasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:54
Last Modified: 31 Aug 2023 03:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item