Upaya Meningkatkan Hafalan Surat Al Kafirun Melalui Metode Libat Dan Menemonic Di Sekolah Dasar Negeri 01 Lambanggelun Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Saikhu, Saikhu (2014) Upaya Meningkatkan Hafalan Surat Al Kafirun Melalui Metode Libat Dan Menemonic Di Sekolah Dasar Negeri 01 Lambanggelun Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021311203 SAIKHU BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (4MB)
[img] Other (Thesis)
2021311203 SAIKHU FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu komponen pendidikan adalah keberadaan guru sebagai pendidik, fasilitator dan motifator, bagi peserta didik dalam menempuh pendidikan formal. Selain itu penggunaan metode mempunyai andil dalam menemukan keberhasilan proses belajar mengajar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Apakah pembelajaran dengan metode Libat dan Mnemonic dapat meningkatkan hafalan belajar siswa materi Hafalan surat Al Kafiruun? dan Bagaimana proses peningkatan hafalan belajar siswa pada materi Hafalan surat Al Kafiruun? Pennasalahan tersebut dibahas dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (class action research) yang dilakukan melalui tiga siklus. Tindakan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dianalisa dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif diperoleh melalui pengamatan di kelas yang dideskripsikan persiklusnya, dan didokumentasikan basil penelitian yang telah dilakukan. Dalam proses pelaksanaan Upaya meningkatkan hafalan surat Al Kafiruun melalui metode Libat dan Mnemonic di SON O 1 Lambanggelun Kecamatan Paninggaran, pada siklus I mempersiapkan sekenario pembelajaran, dan alat bantu, instrumen basil belajar dan keaktifan, selanjutnya dilakukan tindakan proses pembelajaran dengan cara memerintahkan siswa untuk membaca secara klasikal dan kelompok yang dilakukan secara bervariasi. Siswa mendemonstrasikan secara individu dan diberi tes formatif pada siklus I. Pada pelaksanaan siklus II peneliti melakukan hal yang sama seperti siklus I, kemudian peneliti dan kolaborator merefleksi kegiatan dan melakukan perbaikan untuk dilakukan pada siklus III. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dalam Upaya meningkatan hafalan surat Al-Kafiruun oleh siswa kelas V SDN 01 Lambanggelun Kecamatan Paninggaran setelah menerapkan metode Libat dan Mnemonic terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa, dimana pada pra siklus terdapat 8 siswa yang mampu membaca, menghafal dan menuJis surat An Nasr dengan baik (38%). Pada siklus I siswa yang mampu membaca, menghafal dan menuJis surat Al Kafiruun dengan baik berjumlah 11 siswa (52%) dan yang belum mampu 10 siswa, dan pada siklus II siswa yang mampu membaca, menghafal dan menulis surat Al Kafiruun dengan baik berjumlah 14 siswa (67%) sementara yang belum mampu 7 siswa, kemudian pada siklus III siswa yang mampu membaca, menghafal dan menulis surat Al Kafiruun dengan baik berjumlah 18 siswa (86%) sementara yang belum mampu 3 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Libat dan Mnemonic dapat meningkatkan hafalan surat surat pendek pada siswa kelas V SD Negeri 01 Lambanggelun Kecamatan Paninggaran Tahun Pelajaran 2013 I 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Libat dan Mnemonic
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:22
Last Modified: 01 Sep 2023 06:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item