Implernentasi metode muhadasah dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Ribatul Muta'alimin Kota Pekalongan (studi kasus kelas viii)

Aziz, Tofan (2014) Implernentasi metode muhadasah dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Ribatul Muta'alimin Kota Pekalongan (studi kasus kelas viii). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
202509018 TOFAN AZIZ BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
202509018 TOFAN AZIZ BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MTs Ribatul Muta'alimin merupakan sekolah umum yang bercirikan agama. Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Metode yang digunakan salah satunya adalah Muhadasah, Muhadasah yaitu cara menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab melalui percakapan, percakapan itu dapat terjadi antara guru dan murid atau murid dengan murid, sehingga dapat memperkaya kosa kata Vocabulary. Awalnya pembelajaran bahasa arab di MTs Ribatul Muta'alimin Kota Pekalongan adalah 3 jam Pelajaran dalam satu minggu, yang dua jam untuk pelajaran bahasa Arab yang di dalamya praktek berbicara dan yang satu jam dikhususkan untuk hafalan mufrodat. Akan tetapi, karna tuntutan kurikulum 2013 mengharuskan pelajaran bahasa Arab menjadi 2 jam pelajaran setiap miggunya. Berangkat pada permasalahan di atas penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian tentang implementasi metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Ribatul Muta'alimin Kota Pekalongan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat d irumuskan permasalahan sebagai berikut: (I) Bagaimana implementasi metode Muhiidasah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta'alimin (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam metode Muhadasah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta'alimin Kota Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah (I) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Muhadasah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Ribatul Muta'alimin (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode Muhiidasah di MTs Ribatul Muta'allimin Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode Muhadasah dalam pembelajaran bahasa Arab sudah berjalan semestinya, meskipun dalam kenyataan masih kurang yaitu masih campur dengan Bahasa Indonesia dan juga dari segi waktu, evaluasi dengan tanya jawab dan maju berpasangan menghafalkan hiwar. Adapun mengenai kendala dapat dibenahi dan dicari solusinya yaitu dari penguasaan mufrodat jangan terlalu banyak. Kemudian, kurangnya waktu metode Muhiidasah dan latar belakang peserta didik yaitu dengan cara menambah waktu diluar jam dan memberi pengertian kepada peserta didik untuk dapat belajar setara dengan peserta didik lain dalam penggunaan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implernentasi Metode Muhadasah, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:18
Last Modified: 04 Sep 2023 02:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item