Analisis wacana kritis pemberitaan kasus penipuan jamaah haji dan umroh First Travel pada Tempo.co

Supriaji, Aji (2019) Analisis wacana kritis pemberitaan kasus penipuan jamaah haji dan umroh First Travel pada Tempo.co. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Awal bulan Maret 2017, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan pemberitaan tentang kasus penipuan jamaah haji dan umroh yang dilakukan oleh biro First Travel. Dalam waktu cepat Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memerintahkan First Travel untuk menghentikan penjualan paket promo yang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan jasa mereka pergi umroh. Kasus penipuan dan penggelapan uang jamaah umroh dan haji yang dilakukan oleh bos PT Anugerah Karya Wisata atau First Travel yaitu Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan serta adik Anniesa membuat para sejumlah jamaah gagal berangkat dan terlantar. Media massa seperti Tempo.co secara langsung ikut berpartisipasi dalam pemberitaan tersebut. Tempo.co memandang bahwa First Travel melakukan penipuan kepada jamaah tidak hanya sekedar tentang adanya penggelapan uang dalam administrasi, melain bahwa indikator lain yakni tentang gaya hidup glamor pemilik biro umroh tersebut. Tujuan prnelitian ini untuk mengetahui wacana yang dibentuk dan struktur wacana pada Tempo.co. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif teks, peneliti mengumpulkan data dengan melakukan pengumpulan dokumentasi, buku, dan studi pustaka. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis wacana kritis (AWK) Teun A. Van Dijk. Model analisis yang di gunakan Van Dijk menggunakan 3 elemen yaitu Teks, Kognisi Sosial, dan Konteks Sosial. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat wacana gaya hidup pada pemberitaan penipuan jamaah haji dan umroh oleh pemilik First Travel. Tempo.co menganggap adanya kejanggalan penyebab lain, yaitu tentang kehidupan sosial pemilik biro dengan gaya hidupnya yang glamor. Struktur wacana pada penelitian menunjukan sebuah elemen teks berbeda, seperti supersturuk skematik, struktur semantik, tematik, skematik, retoris dan stilistik bahwa bahasa lingual, leksikal, gramatikal, latar, tema, skema, terdapat gaya penulisan masing-masing berbeda dan macam-macam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Komunikasi Massa, Tempo.co
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 10 May 2020 00:41
Last Modified: 10 May 2020 00:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/365

Actions (login required)

View Item View Item