Rahmawati, Dyah (2016) Pengaruh Lingkungan Pendidikan Daerah Pesisir Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 12 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Other (Thesis)
2021311214 DYAH RAHMAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (12MB) |
|
Other (Thesis)
2021311214 DYAH RAHMAWATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Salah satu masalah yang erat hubungannya dengan lingkungan pendidikan daerah pesisir adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar.Tantangan terbesar yang dihadapi adalah motivasi belajar siswa. SMP Negeri 12 Pekalongan yang letaknya di daerah pesisir memiliki siswa dengan motivasi belajar yang rendah.Siswa tidak begitu peduli dengan prestasi akademik, tidak peduli dengan naik kelas atau tidaknya dia. Bahkan,sering terjadi berkurangnya jumlah siswa da1am jum1ah yang cukup signifikan. Rumusan masalah penelitian ini :Bagaimana keadaan 1ingkungan pendidikan di SMP Negeri 12 Peka1ongan?Bagaimana tingkat motivasi be1ajar siswa SMP Negeri 12 Pekalongan? Seberapa besar pengaruh 1ingkungan pendidikan daerah pesisir terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Pekalongan?.Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan keadaan lingkungan pendidikan di SMP Negeri 12 Pekalongan, mendeskripsikan tingkat motivasi belajar siswa SMP Negeri 12 Pekalongan, mengukur seberapa besar pengaruh lingkungan pendidikan daerah pesisir terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Keadaan 1ingkungan pendidikan di SMP Negeri 12 Pekalongan dalam kriteria baik. Kedua, Tingkat motivasi belajar siswa SMP Negeri 12 Pekalongan termasuk dalarn kriteria baik. Ketiga, Terdapat I pengaruh positif yang signifikan antara 1ingkungan pendidikan daerah pesisir terhadap rnotivasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Pekalongan. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan basil ttcst = 4,481 dengan N = 41. Pada tingkat signifikan 5 % nilai ttabel = 2,021 maka ttest > ttabcl = 4,481 > 2,021 , maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh 1ingkungan pendidikan daerah pesisir terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Pekalongan. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya. Nilai koefisien deterrninasi (R2) yang ditunjukkan pada R Square yaitu 0,337 atau sebesar 33,7 %. Hal ini berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel lingkungan pendidikan daerah pesisir terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Pekalongan adalah sebesar 33, 7 % sedangkan sisanya yakni sebesar 66,3 % dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel 1ingkungan pendidikan daerah pesisir. Didapatkan persarnaan regresi linear sederhana Y = 36,863 + 0,475 X yang artinya setiap peningkatan pada variabel X berakibat pada peningkatan variabel Y sebesar 0,475. Hasil ini dapat dikatakan bahwa sernakin baik lingkungan pendidikan daerah pesisir maka semakin bagus pula motivasi belajar siswa di SMP Negeri 12 Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Pendidikan Daerah Pesisir, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 04:02 | ||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 04:02 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3660 |
Actions (login required)
View Item |