Peran Guru PAI Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan

Mahmudah, Siti Umi (2016) Peran Guru PAI Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Wonopringgo Kec. Wonopringgo Kab. Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021312045 SITI UMI MAHMUDAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (10MB)
[img] Other (Thesis)
2021312045 SITI UMI MAHMUDAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi sebuah fenomena bahwa kecerdasan spiritual belum terlalu di perhatikan oleh pendidik dan orang tua karena lebih mengutamakan kecerdasan intelektualnya yaitu prestasi belajar berupa nilai rapot. yang bagus. Selain pendidikan informal dari keluarga, pendidikan formal oleh pendidik atau guru juga memiliki peran dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik. Sebagai seorang Guru Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka ada beberapa rumusan masalah yang akan dicari jawabanya dalam penelitian ini yaitu: bagaimana kecerdasan spiritual peserta didik?, bagaimana peran Guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik?, dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonopringgo? Adapun yang menjadi tujuan penelitian yaitu : untuk mendeskripsikan kecerdasan spiritual peserta didik, peran Guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik, dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonopringgo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dibagi menjadi 3 tahapan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Basil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonopringgo : Siswa membiasakan diri berdo'a sebelum dan sesudah pembelajaran, siswa mempunyai sopan santun yang baik terhadap guru, siswa memiliki empati menjenguk teman yang sakit, siswa mampu menjaga kerukunan dengan sesama teman, siswa bersikap jujur, dan dapat menepati janji. (2) Peran Guru PAI dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik di SMPN 1 Wonopringgo yaitu :guru sebagai teladan, guru sebagai motivator,guru sebagai evaluator,dan guru sebagai konselor.Kegiatan yang diupayakan antara lain : Berdoa sebelum masuk kelas, Tadarus Al-Qur'an, Sholat dhuha berjamaah, hafalan Asmaul Husnah., dan lnfaq jumat, (3) faktor pendukung dalam membina kecerdasan spiritual peserta didik yaitu peserta didik,keluarga,teman sebaya, faktor penghambatnya seperti : kurangnya perhatian orang tua, dan pengaruhteman sebaya yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusuf, MusfirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:29
Last Modified: 13 Sep 2023 02:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3697

Actions (login required)

View Item View Item