Yahya, Lutfi (2019) Peran guru agama dalam pembentukan disiplin belajar pendidikan agama islam siswa Di smk islam salakbrojo pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Download (5MB) |
Abstract
Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap siswa. Dalam prosesnya tak jarang siswa menemui setiap masalah. Guru sebagai pelaku utama dalam penerapan program pendidikan di sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Peran guru meliputi: mendidik, pembimbing, melatih, menasehati,melakukan pembaruan, menjadi model dan teladan. Disiplin belajar sangat penting bagi keberhasilan siswa nantinya dan seorang guru harus bersabar dalam melakukannya. Guru agama tentuntnya turut berperan dalam pembentukan disiplin belajar PAI. Adapun rumusan masalah adalah (1) Bagaimana peran guru agama dalam pembentukan disiplin belajar PAI siswa di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan? (2) Bagaimana pembentukan disiplin belajar PAI siswa di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan disiplin belajar PAI siswa di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan peran guru agama dalam pembentukan disiplin belajar PAI siswa di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan, (2) untuk menjelaskan pembentukan disiplin belajar PAI siswa di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan, dan (3) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan disiplin belajar PAI siswa di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yang digunakan adalah kualititif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis menggunakan analisi deskripstif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran guru agama dalam pembentukan disiplin di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan dapat diklarifikasikan sebagai: peran guru agama sebagai teladan yaitu selalu memberikan contoh-contoh baik di sekolah atau yang dapat dijadikan idola oleh siswa, peran guru sebagai inisiator yang dapat dijadikan inspirasi bagi siswanya, peran guru agama sebagai fasilitator yaitu menyiapkan apa saja kebutuhan yang dibutuhkan siswanya, peran guru sebagai evaluator yaitu memberikan penilaian terhadapan keberhasilan siswa dalam belajar, dan peran guru agama sebagai pembimbing yaitu selalu mengarahkan siswanya untuk belajar dan bersabar dalam mengajar. (2) cara pembentukan disiplin belajar PAI yang dilakukan guru agama di SMK Islam Salakbrojo Pekalongan ada dua cara yaitu : (a) pembentukan disiplin dengan cara paksaan, dan (b) pembentukan disiplin tanpa paksaan. (3) faktor pendukung dan penghambat pembentukan disiplin belajar PAI siswa antara lain : (a) faktor pendukung: kesadaran diri siswa, keteladan guru agama, adanya kerja sama dengan orangtua (b) faktor penghambat: kurangnya kesadaran diri siswa, kurangnya perhatian sebagian orang tua dalam hal disiplin belajar, maraknya dunia informasi atau teknologi, hukuman yang diberikan tidak membuat jera.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Disiplin Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 22 Apr 2020 07:09 | ||||||||
Last Modified: | 06 May 2020 03:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/37 |
Actions (login required)
View Item |