Ar Rahmah, Mayda (2015) Implementasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung Kabupaten Brebes. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text
2021111272 MAYDA AR RAHMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (35MB) |
|
Text
2021111272 MAYDA AR RAHMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (18MB) |
Abstract
Pendidika anti korupsi merupakan suatu upaya yang direncanakan dan dilaksanakan secara sistematis untuk membantu peserta didik agar menjadi manusia yang mempunyai tingkah laku/perilaku baik. Pendidikan anti korupsi secara implisit sudah diterapkan di masing-masing mata pelajaran, sedangkan secara eksplisit melalui upacara setiap hari senin maupun hari besar nasional. Dalam mata pelajaran PAI juga sudah diterapkan nilai-nilai anti korupsi dengan cara guru memberi contoh perilaku kejujuran kepada siswa atau dengan memberi contoh kisah teladan. Dari uraian di atas maka dirumuskan masalah: Bagaimana implementasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung; Bagaimana evaluasi implementasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran PAI Kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi nilai-nilai anti korupsi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjung dari pelaksanaan dan evaluasi maka perlu diadakan penelitian. Responden meliputi wakasek kurikulum, guru mata pelajaran PAI, serta siswa SMPN 1 Tanjung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data penelitian nantinya akan diuji dengan metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui implementasi nilai -nilai anti korupsi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMPN 1 Tanjung Kabupaten Brebes. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode analisis datanya dengan tahapan-tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (Penyimpulan) data. Adapun data-data yang diperlukan digali dengan metode interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI menanamkan nilai-nilai anti korupsi dalam proses belajar mengajar kepada siswa, manakala materi yang diajarkan memiliki kaitan erat dengan perilaku korupsi. Cara yang dilakukan guru yakni dengan melihat materi yang sekiranya tepat atau cocok untuk disisipi materi atau nilai-nilai anti korupsi. Persiapan yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran ini antara lain: menyesuaikan dengan program tahunan, program semester, dan silabus yang sudah dibuat oleh pihak sekolah, kemudian guru membuat rencana pembelajaran (RPP), instrument penelitian, dan persiapan lainnya. Pada tahap pelaksanaan guru menjelaskan materi dan memberikan contoh materi mengenai kejujuran, amanah dan istiqomah. Berdasarkan hasil pengamatan ini peneliti mendeskripsikan proses pembelajaran tersebut bahwa dalam materi kujujuran, amanah, dan istiqomah mengandung nilai-nilai anti korupsi yang meliputi kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan tanggung jawab. Nilai-nilai di atas sudah nampak dalam perilaku siswa namun perlu peningkatan dalam aspek kesederhanaan yang menuntut siswa agar memiliki gaya hidup sederhana, dibiasakan untuk tidak boros. Bentuk evaluasi yang dilakukan guru mengacu pada aspek penilaian sikap dan hasil tugas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-nilai anti korupsi, pembelajaran. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2023 04:13 | ||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2023 04:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3700 |
Actions (login required)
View Item |