Upaya Guru Dalam Membina Akhlak Peserta Didik MI Darul Ulum Kauman Batang

Koidah, Nainul (2016) Upaya Guru Dalam Membina Akhlak Peserta Didik MI Darul Ulum Kauman Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2021313022 NAINUL KOIDAH BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Other (Thesis)
2021313022 NAINUL KOIDAH BAB 1 - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (35MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peserta didik yang memperoleh pendidikan akhlak di MI Darul Ulum auman Batang dengan baik rnaka akan tercennin pula dalam perilakunya sehari• hari baik di lingkungan keluarga,masyarakat maupun di sekolah.Untuk itu diharapkan bagi MI Darul Ulum Kauman Batang agar mengajarkan pendidikan akhlak kepada peserta didiknya. Dengan adanya pendidikan akhlak dapat ienumbuhkan rasa kemandirian anak,menjadi anak yang lebih dewasa dan bertanggung jawab atas segala perbuatan yang telah dilakukan, mengajarkan kedewasaan serta kehidupan yang agamis.Semua perilaku baik peserta didik MI °iarul Ulum Kauman Batang tidak begitu saja muncul melainkan dibutuhkan usaha keras dari orang tua dan guru di MI Darul Ulum Kauman Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana akhlak ppserta didik MI Darul Ulum Kauman Batang? Bagaimana program pembinaan akhlak peserta didik MI Darul Ulum Kauman Batang? Faktor apa saja yang ~enghambat dan mendukung upaya guru dalam membina akhlak peserta didik MI ~arul Ulum Kauman Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui akhlak peserta didik MI Darul Ulum Kauman Batang, untuk mengetahui program Pfmbinaan akhlak peserta didik MI Darul Ulum Kauman Batang, untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung upaya guru dalam membina akhlak peserta 4dik MI Darul Ulum Kauman Batang. Kegunaan penelitian bagi pendidik dapatmemperoleh pemahaman tentang pentingnya upaya guru dalam membina akhlak pleserta didik MI Darul Ulum Kauman Batang I Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode plengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik kualitatif deskriptif. I Berdasarkan penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa: Pertama, Akhlak peserta didik di MI Darul Ulum Kauman Batang terbagi menjadi dua macam yakni akhlak mahmudah (akhlak yang baik) dan akhlak madzmumah (akhlak yang buruk). Kedua, Upaya guru dalam pembinaan akhlak peserta didik MI Darul Ulum Kauman ~atang, antara lain: melakukan tindakan konseling, melakukan kegiatan lbadah, nielakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan peserta didik, menggiatkan ekstrakurikuler di sekolah, dan mengundang ustadz dari luar daerah dalam acara PHBI guna memotivasi peserta didik untuk melakukan ibadah. Ketiga, Faktor penghambat upaya guru dalam pembinaan akhlak bagi peserta didik di MI Darul Ulum Kauman Batang, antara lain: adanya sebagian peserta didik yang nakal, adanya permasalahan dalam keluarga dan adanya sikap pemanjaan dari orang tua. 8iedangkan faktor pendukung, antara lain:perhatian dari segenap guru, sarana dan prasarana yang memadai, semangat atau motivasi pada anak untuk belajar dan banyaknya TPQ di sekitar MI Darul Ulum Kauman Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusuf, MusfirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru, Akhlak Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:58
Last Modified: 13 Sep 2023 07:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3712

Actions (login required)

View Item View Item