Meningkatkan prestasi belajar PAI tentang kisah nabi Ibrahim As melalui metode sosiodrama pada siswa kelas iv SD Negeri Sawangan Paninggaran Pekalongan

Nasikhu, Nasikhu (2014) Meningkatkan prestasi belajar PAI tentang kisah nabi Ibrahim As melalui metode sosiodrama pada siswa kelas iv SD Negeri Sawangan Paninggaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
232107302 NASIKHU BAB I - V DAN LAMP .PDF

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
232107302 NASIKHU FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran PAI tentang kisah Nabi Ibrahim As yang berlangsung di SD Negeri Sawangan selama ini masih menggunakan metode ceramah, yaitu seorang guru hanya memberikan penjelasan pada siswa. Hal ini menyebabkan kualitas proses dalam pembelajaran itu sendiri cenderung berlangsung satu arah, siswa kurang aktif dan guru hanya menggunakan metode pembelajaran itu-itu saja tanpa ada pembaharuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Oleh karena itu masih sangat perlu keseriusan seorang guru dalam usaha memilih metode pembelajaran yang tepat dan menarik dalam melaksanakan pembelajaran PAI agar minat siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat yang akhirnya kepada meningkatkanya prestasi belajar siswa. Metode sosiodrama sangat perlu dicoba untuk meningkatkan hasil belajar PAI tentang kisah Nabi Ibrahim As, karena dengan menjelaskan dan mempraktekkan sebagai peran secara langsung, siswa akan lebih mudah memahami isi dari materi tersebut. Berkenaan dengan masalah ini, rumusan masalah yang penulis ajukan adalah bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri Sawangan Paninggaran Pekalongan? dan apakah metode sosiodrama bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sawangan dalam mata pelajaran PAI?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar PAI pada siswa kelas IV SD Negeri Sawangan Paninggaran Pekalongan dan untuk menguji apakah metode sosiodrama bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sawangan dalam data pelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (relection). Dalam penelitian tindakan ini pengumpulan data diperoleh dan dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Data penelitian yang terkumpul (data kuantitatif dan data kualitatif) setelah ditabulasi, kemudian dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian. Analisis yang digunakan adalah teknik deskripsi. Kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: prestasi belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri Sawangan meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang hanya 60,9 pada pra siklus menjadi 70,5 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,8 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar dan Metode Sosiodrama
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 14 Sep 2023 02:49
Last Modified: 14 Sep 2023 02:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item