Analisis soal ujian sekolah mata pelajaran Matematika berdasarkan ranah kognitif kelas VI di MSI 17 Pabean Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017

Gunawan, M. Azhar (2018) Analisis soal ujian sekolah mata pelajaran Matematika berdasarkan ranah kognitif kelas VI di MSI 17 Pabean Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika Berdasarkan Ranah Kognitif Kelas VI di MSI 17 Pabean Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017. Soal ujian sekolah mata pelajaran matematika yang dianalisis berdasarkan teori Taksonomi Bloom pada tingkatan ranah kognitif C1 Pengetahuan (knowledge), C2 Pemahaman (comprehension), C3 Penerapan atau aplikasi (application), C4 Analisis (analysis), C5 Sintesis (synthesis), C6 Penilaian/penghargaan/evaluasi (Evaluation). Menganalisis kualitas soal ujian sekolah mata pelajaran matematika dari aspek telaah, tingkat kesukaran, dan daya beda. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkatan ranah kognitif pada soal ujian Mata Pelajaran Matematika di kelas VI MSI 17 Pabean Kota Pekalongan? 2) Bagaimana analisis soal ujian secara kualitatif berdasarkan ranah kognitif Mata Pelajaran Matematika di kelas VI MSI 17 Pabean Kota Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan tingkatan ranah kognitif pada soal ujian Mata Pelajaran Matematika di kelas VI MSI 17 Pabean Kota Pekalongan. 2) Mendeskripsikan analisis soal ujian secara kualitatif berdasarkan ranah kognitif Mata Pelajaran Matematika di kelas VI MSI 17 Pabean Kota Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di kancah atau tempat-tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Dan dalam penelitian ini yang menjadi kancah atau tempat penelitian adalah MSI 17 Pabean Desa Pabean Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan conten analisis. Analisis data yang digunakan kualitatif conten analisis sesuai/tidak sesuai (validitas). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 40 butir soal ujian sekolah mata pelajaran matematika kelas VI di MSI 17 Pabean Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017 terdapat tingkatan ranah kognitif dari C1 terdapat 4 soal presentase 13%, C2 terdapat 9 soal presentase 23%, C3 terdapat 16 soal presentase 37%, dan C4 terdapat 11 soal presentase 27%. Kualitas soal ujian sekolah mata pelajaran matematika kelas VI di MSI 17 Pabean Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2016/2017 dari telaah soal ujian sekalah mata pelajaran matematika sudah memilki tiga aspek yaitu aspek telaah materi, aspek telaah konstruksi, aspek telaah bahasa. Memiliki tingkat kesukaran yakni, 19 soal atau 40.5% dengan tingkat kesukaran soal yang sedang, daya beda memilki 31 soal atau 72% termasuk kedalam kriteria soal yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhamidi, Aris NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Soal Ujian sekolah, Ranah Kognitif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 11 May 2020 04:42
Last Modified: 11 May 2020 04:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item