Zar'ah, Umi (2014) Gambaran gaya belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Randusari Doro Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
232108072 UMI ZAR_AH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (6MB) |
|
Text (Thesis)
232108072 UMI ZAR_AH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Proses belajar merupakan the process of acquiring knowledge, yakni proses untuk memperoleh pengetahuan. Sehingga belajar dapat dikatakan sebagai tonggak terjadinya suatu perubahan-perubahan dalam diri anak didik yang diwujudkan dalam tingkah lakunya sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran gaya belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Randusari Doro Kabupaten Pekalongan? (2) Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat gaya belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Randusari Doro Kabupaten Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Gambaran gaya belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Randusari Doro Kabupaten Pekalongan? (2) Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat gaya belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Randusari Doro Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan, dimana penelitian yang digunakan adaJah kancah kehidupan yang sebenarnya Sedangkan pendekatannya dengan kualitatif yaitu analisisnya pada bentuk pemyataan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan bersifat kualitatif yang berwujud penyimpulan dari basil observasi dan wawancara yang dllakukan kepada sumber informasi data Gaya belajar anak di Sekolah Dasar Negeri Randusari Doro Kabupaten Pekalongan dalam proses pembelajaran dikategorikan dalam tiga gaya sebagai tipe belajar. Pertama, mereka yang memyukai atau cenderung belajar dengan mendengarkan (auditoriy, anak-anak sepertinya menyukai suasana yang hening untuk dapat berkonsentrasi dalam belajar. Kedua anak-anak yang menyukai atau cenderung belajar dengan melihat (visualitij), anak-anak biasanya lebih aktif dan memerlukan banyak improvisasi atau media pendukung dalam belajar. Sedangkan yang ketiga berupa gaya atau tipe belajar yang aktif bergerak, meyentuh dan bekerja langsung pada objek yang dipelajari (kinestetik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar dan Anak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2023 02:12 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2023 02:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3723 |
Actions (login required)
View Item |