Murtadho, M. Ali (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar baca tulis Al Qur'an pada materi tanda baca sukun dan tasydid melalui media puzzle pada kelas II semester II SD Negeri 01 Tegalmlati. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
232108177 M. ALI MURTADHO BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (13MB) |
|
Text (Thesis)
232108177 M. ALI MURTADHO BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (20MB) |
Abstract
Definisi belajar adalah aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan dan nilai sikap dan perubahan. Dengan pengertian tersebut memberikan gambaran bahwa siswa agar disebut belajar, semua indera harus terlibat tidak sekedar mendengarkan keterangan dari penyampain guru namun siswa harus terlibat secara penuh baik mendengar, melihat dan melakukan kerja fisik. Langkah ini akan mudah terwujud apabila menggunakan media. Penggunaan media salah satunya dengan games puzzle. Pembelajaran BTQ yang berlangsung di SD Negeri 01 Tegalmlati Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang membuat anak kecewa, karena Proses belajar mengajarnya monoton atau tidak bervariasi. Kurangnya penerimaan materi menyebabkan prestasi siswa rendah. Dari uraian diatas peneliti mencoba untuk melakukan penelitian tentang Upaya Meningkatan Hasil Belajar BTQ Materi Tandabaca Sukun dan Tasydid Melalui Media Puzzle Pada Kelas II Semester II SD Negeri O1 Tegalmlati. Bertolak dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan media puzzle dapat meningkatan hasil belajar BTQ Kelas II SDN 01 Tegalmlati Kec. Petarukan Kab. Pemalang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Puzzle terhadap peningkatan hasil belajar BTQ Kelas II SDN 01 Tegalmlati Kec. Petarukan Kab. Pemalang dan diharapkan menjadi masukan bagi sekolah untuk menjadi suatu inovasi pembelajaran khususnya penggunaan media Puzzle. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan jenis pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 22 siswa. Data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan yaitu teknik pengolahan data dan analisis data penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar BTQ materi tandabaca sukun dan tasydid melalui Media Puzzle pada Kelas II Semester II SD Negeri 01 Tegalmlati dibuktikan dengan tes formatif. nilai rata-rata pada pra siklus adalah 55,90 atau dari 22 siswa hanya 6 siswa (27%) yang nilainya berada diatas KKM dan 16 siswa (73%) yang nilainya berada dibawah KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar BTQ, Media Puzzle | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2023 06:05 | ||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2023 06:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3730 |
Actions (login required)
View Item |