Stategi Pemasaran dalam Penghimpunan Nasabah (Studi Atas Pemasaran Jemput Bola di BMT El Fairuz Pekalongan). Tugas Akhir Jurusan Syariah Program Studi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing I: Rinda Asytuti, M.Si. Dosen Pembimbing II: Mariska Dewi Anggraini, M.Si.

Insani, Aprilia (2014) Stategi Pemasaran dalam Penghimpunan Nasabah (Studi Atas Pemasaran Jemput Bola di BMT El Fairuz Pekalongan). Tugas Akhir Jurusan Syariah Program Studi Perbankan Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing I: Rinda Asytuti, M.Si. Dosen Pembimbing II: Mariska Dewi Anggraini, M.Si. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012110028 APRILIA INSANI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2012110028 APRILIA INSANI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perbankan syariah menunjukan eksistensinya lewat berbagai pelayanan ang terus meningkat yang berorientasi pada nasabah dan dituntut untuk terns elakukan sosialisasi pada masyarakat. Namun suatu produk layanan yang diluncurkan tidak akan menarik minat nasabah tanpa adanya suatu strategi yang tepat pada sasaran. Di dalam strategi pemasaran tersebut, terdapat strategi pemasaran "jemput bola" yang lebih memudahkan nasabah. BMT EL Fairuz peh•longan dalam menjalankan strategi pemasaran berusaha untuk meminimalisir dana yang dikeluarkan, agar tidak terjadi pembengkakan anggaran, dengan cara seluruh karyawan termasuk marketing berperan besar dan berusaha untuk memasarkan produknya kepada masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, maka penulis berusaha mengangkat tema Strategi Pemasaran dalam Penghimpunan Nasabah di BMT El Fairuz Pekalongan dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana pelayanan pemasaran dengan strategi jemput bola dalam penghimpunan nasabah di BMT El Fairuz Pekalongan, apa pengaruh strategi pemasaran jemput bola dalam upaya penghimpunan nasabah di BMT El Fairuz Pekalongan, dan apa kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran j emput bola dalam penghimpunan nasabah yang diterapkan di BMT El Fairuz Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, Sumber data primer adalah ata yang diperoleh secara langsung dari lapangan melalui wawancara dengan pihak-pihak yang tekait sedangkan sumber data sekunder adalah data yang diperoleh secara tidak langsung dari subyek penelitian namun didapat dari dokumentasi atau laporan-laporan serta arsip-arsip resmi. Hasil penelitian menunjukk:an bahwa dengan menggunakan strategi pemasaran jemput bola dalam upaya penghimpunan nasabah di BMT El Fairuz Pekalongan, nasabah diuntungkan dengan tidak perlu datang ke kantor untuk menabung maupun untuk mengangsur pembiayaan, narnun ada pihak marketing yang akan mendatangi satu per satu nasabahnya. Penggunaan strategi pemasaran jemput bola sangat berpengaruh dalam peningkatan jumlah nasabah karena setiap tahun peningkatan jumlah nasabah sangat signifikan, namun dengan strategi pemasaran jemput bola sebagian karyawan terjebak dalarn rutinitasnya, sehingga tidak mempunyai banyak waktu untuk prospek tabungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAnggraini, Mariska DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:02
Last Modified: 18 Oct 2023 08:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3738

Actions (login required)

View Item View Item