Strategi Bauran Pemasaran dalam Produk Simpanan Hari Raya di KJKS BMT El-Fairuz Pekalongan

Noviayuki, Cicik Erma (2014) Strategi Bauran Pemasaran dalam Produk Simpanan Hari Raya di KJKS BMT El-Fairuz Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012110031 CICIK ERMA NOVIAYUKI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2012110031 CICIK ERMA NOVIAYUKI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Simpanan hari raya merupakan simpanan yang menggunakan prinsip m dharabah mutlaqoh, yaitu simpanan pihak ketiga yang penarikannya hanya d, pat dilakukan pada saat buian rarr.adnan atau menjelang Jebaran. Untuk menarik inat masyarakat, pihak KJKS BMT El-Fairuz Pekalongan dituntut untuk n elakukan pemasaran dengan menerapkan suatu strategi yang tepat yaitu bauran p masaran. Untuk itu, dalam penelitian ini mengangkat suatu rumusan masalah y itu pemasaran produk simpanan hari raya di KJKS BMT El-Fairuz Pekalongan di injau dari segi bauran pemasaran dan hasil dari strategi bauran pemasaran si panan hari raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi b uran pernasaran produk sirnpanan hari raya beserta hasilnya di KJKS BMT El• F iruz Pekalongcn. Selain itu, untuk rnenambah informasi st,ti1 sebagai bahan sukan terkait dengan strategi bauran pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan jenis pf dekatannya menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan dengan m nyelidiki secara langsung dan data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui st di lapangan serta dari berbagai sumber literatur yang terkait dengan rumusan m salah. Dari hasil penelitian tersebut clilengkapi dengan data yang diperoleh dari p~staka sehingga didapat kesimpulan yang dapat diuji kebenarannya. Ada dua s mber data yang digunakan, yaitu surnber data primer yang diperoleh langsung d ri wawancara terhadap pihak-pihak terkait di KJKS BMT El-Fairuz Pekalongan yaitu bagian pemasaran dan surnber data sekunder yang diperoleh dari dokumen• ddkumen KJKS BMT El-Fairuz Pekalongan yang terkait dengan stratcgi bauran p9masaran. Selain dari sumber data tersebut peneliti juga menggunakan teknik p ngumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mfnganalisis data peneliti menggunakan metode analisis deskriptif, di mana mrtode ini peneliti mengungkapkan bauran pemasaran simpanan hari raya yang diraitkan dengan teori-teori umum. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan mendapatkan hasil yang baik bagi KJKS BMT El-Fairuz Pdkalongan maupun masyarakat. Hal tersebut dapat dibuktikan setidaknya dengan tiga indikator. Pertama, perkembangan jurnlah nasabah tiap tahunnya. Dari data ydng tel ah didapat selama tiga tahun terakhir jumlah nasabah tahun 20 l 0-2012 yalitu 710 menjadi 1467 orang. Kedua, bertambah luasnya pasar sasaran, berawal dJi daerah sekitar Bl1v1T sekarang menjadi lebih luas ke daerah yang lebih j auh seperti Batang dan sekitarnya. Ketiga, meningkatnya kepercayaan dan loyalitas nisabah. Hal tersebut dapat dibuktikan dari keikutsertaan mereka pada produk• pTduk KJKS BMT EJ-Fa1ruz khususnya produk simpanan hari raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa'sum, Muh HafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorHardini, IsrianiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran dalam Produk Simpanan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:02
Last Modified: 18 Oct 2023 08:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3741

Actions (login required)

View Item View Item