Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015

Kholidazia, Kholidazia (2014) Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Other (Thesis)
2022110014 KHOLIDA ZIA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (18MB)
[img] Other (Thesis)
2022110014 KHOLIDA ZIA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa asing seringkali dianggap sulit. Pembelajaran bahasa Arab secara optimal pada umumnya dilaksanakan di lingkungan pondok pesantren dengan metode-metode tradisional, untuk itulah sekolah-sekolah formal yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran khusus haruslah mengembangkan kembali rnetode-metode tersebut dengan lebih inovatif namun praktis dan dapat sebanding dengan basil pembelajaran bahasa Arab di pesantren. Adapun rumusan masalahnya adalah; Bagaimana strategi pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Mrs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Bagaimana strategi pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab di MTs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, Apa faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran keterampilan berbicara dan keterampilan menulis bahasa Arab di Mrs Gondang Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dan yang menjadi objek penelitian adalah MTs Gondang kelas VII B, VIII B, dan IX B. Sedangkan teknik yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dari penelitian yang telah penulis lakukan mendapatkan basil sebagai berikut; strategi yang digunakan di MTs Gondang adalah student center strategies, pendekatan dalam pembelajaran keterampilan berbicara untuk kelas VII adalah pendekatan komunikatif, metode eklektik, dan teknik diskusi dan praktik langsung, untuk kelas VIII pendekatannya adalah pendekatan komunikatif, dengan metode eklektik dan teknik tubian dan teknik praktik langsung, untuk kelas IX pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan komunikatif dengan metode eklektik dan teknik tubian, teknik dialog terpimpin, dan teknik praktik langsung. Sedangkan untuk pembelajaran keterampilan menulis, di kelas VIl diterapkan pendekatan formal, dengan metode herbart, dan teknik Imlak menyalin dan Imlak menyimak. Pembelajaran untuk kelas VIII diterapkan pendekatan formal, dengan metode gramatika tarjamah dan teknik Imlak menyalin. Untuk kelas IX pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan formal, metodenya adalah metode gramatika tarjamah, dengan teknik Imlak menyalin dan Imlak Tes. Faktor pendukung pembelajaran keterampilan berbicara dan keterampilan menulis bahasa Arab di MTs Gondang, diantaranya ; diadakannya Mapel Muhadasah, waktu pembelajaran yang lebih lama, dan siswa sudah terlatih untuk aktif. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain ; dihilangkannya Mapel Kitabah Qiroati, Iatar belakang siswa yang berbeda, bebean mapel yang beragam dan banyak, tingkat kepandaian siswa yang beragam, kegiatan sekolah yang padat, waktu pembelajaran yang lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM.Jaeni, M.JaeniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara dan Keterampilan Menulis
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:45
Last Modified: 20 Sep 2023 02:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item