Peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Wahid Hasyim Warungasem

Rosyada, Amrina (2018) Peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Wahid Hasyim Warungasem. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Keberhasilan pembelajan Sejarah Kebudayaan Islam di MI Wahid Hasyim Warungasem dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu motivasi belajar siswa. Karena motivasi merupakan dorongan yang diberikan kepada individu (siswa) untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam kegiatan belajar mengajar guru berkedudukan sebagai motivator, karena salah satu tugas guru adalah menggali motivasi. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi yang diberikan guru dalam proses belajar mengajar sejarah kebudayaan islam di MI wahid hasyim warungasem, dan bagaimana peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI wahid hasyim warungasem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih mendalam tentang peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah guru kelas IV mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, kepala sekolah MI Wahid Hasyim Warungasem serta buku dan data tentang peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : pertama, motivasi yang diberikan oleh guru kepada peserta pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diantaranya yaitu pemberian nilai, pujian, gerakan tubuh, memberikan tugas, memberikan ulangan, memberikan hukuman dan menggunakan metode yang bervariasi, kedua, Peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV yaitu dapat dilihat dari bentuk motivasi yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivator
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 11 May 2020 04:58
Last Modified: 11 May 2020 04:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item View Item