Desain Kurikulum di Pondok Modem Tazakka Kecamatan Bandar Kabupaten Batang (Studi Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyyah (KMI))

Rohmah, Nila Naeli (2016) Desain Kurikulum di Pondok Modem Tazakka Kecamatan Bandar Kabupaten Batang (Studi Kulliyatul Mu'allimin al-Islamiyyah (KMI)). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111271 NILA NAELI ROHMAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (36MB)
[img] Text
2021111271 NILA NAELI ROHMAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum sebagai sebuah program/ rencana pembelajaran, tidaklah hanya tensi tentang program kegiatan, tetapi juga berisi tentang tujuan yang harus ditempuh beserta alat evaluasi untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan, di samping itu juga berisi tentang alat atau media yang diharapkan mampu menunjang pencapaian tujuan tersebut. Kurikulum sebagai rencana disusun untuk melancarkan proses belajar mengajar di bawah sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajamya. Kurikulum yang digunakan oleh pondok modern Tazakka tidaklah kurikulum seperti yang digunakan lembaga pendidikan atau sekolah pada umumnya yang menggunakan kurikulum Negara sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran dalam sebuah lembaga pendidikan, akan tetapi pondok modern Tazakka menggunakan kurikulum yang diterapkan di pondok modern Darussalam Gontor yaitu KMI (Kulliyatul Mu'allimin Al-Islamiyyah). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana desain kurikulum di pondok modern tazakka? Dan bagaimana implementasi kurikulum di pondok modern tazakka? tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain kurikulum di pondok modern Tazakka dan untuk mengetahui implementasi kurikulum di pondok modern tazakka. Kegunaan penelitian ini adalah diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dan memberikan warna dalam dunia pendidikan, penelitian ini berguna sebagai pedoman bagi lembaga pendidikan, khususnya dalam merancang kurikulum, mengimplementasikan kurikulum, dan penelitian ini berguna untuk mengenalkan produk pendidikan Islam sebagai alternatif dan ikut memberikan warna dalam dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber primer dari penelitian ini adalah pimpinan pondok modern Tazakka dan bagian kurikulum pondok modern Tazakka. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah sumber-sumber data lain, buku-buku pustaka, dan literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), pengambilan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain kurikulum di pondok modern Tazakka merupakan adopsi dari sistem pondok modern Gontor yang merupakan kurikulum terintegrasi antara intra kurikuler, ko kurikuler dan eksra kurikuler dalam satu kesatuan dan berjalan secara beriringan dan mendukung satu sama lain. Kemudian kurikulum ini disebut juga kurikulum hidup dan kehidupan dengan sistem pendidikan 24 jam berada di pondok. Implementasi kurikulum di pondok modern Tazakka diawali dengan pengembangan program yang menentukan arah jalannya pelaksanaan kurikulum di pondok modern Tazakka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Type designerMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Desain Kurikulum
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:43
Last Modified: 21 Sep 2023 04:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3787

Actions (login required)

View Item View Item