Sari, Retno Kumala (2013) Analisis Penentuan Segmen Pasar pada Produk Tabungan di Kospin Jasa Syariah Cabang Pembantu Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2012110055 RETNO KUMALA SARI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (7MB) |
|
Text
2012110055 RETNO KUMALA SARI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni merupakan salah satu dari Lembaga Keuangan Syariah yang menawarkan produk berupa jasa. Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan anggota atau calon anggota. Dalan Tugas Akhir ini penulis meneliti 3 produk tabungan yang dimiliki Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni yaitu Tabungan SIKESRA Mudharabah, Tabungan Investasi Pendidikan INTAN Mudharabah, Tabungan Koperasi Wadiah. Agar ketiga produk tersebut dapat terjual di pasaran maka pihak manajemen harus menyusun strategi pemasaran untuk menarik minat anggota atau calon anggota semaksimal mungkin sehingga dana yang terkumpul dapat optimal dan yang disalurkan kepada pihak ketiga juga semakin optimal. Namun sebelum melakukan kegiatan • pemasaran Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni harus memilah-milah pasar yang akan dituju, dan ini dikenal dengan segmentasi pasar yang akan memberikan kemudahan Kospin Jasa Syariah Capem Keclungwuni untuk menentukan pasar sasaran berdasarkan geografi, demografi, psikografi, clan berdasarkan perilaku. Dalam Tugas Akh.ir ini terdapat 2 rurnusan masalah mengenai manajemen pemasaran di Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni dan penentuan segmen pasar pada produk tabungan di Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara kepada pimpinan Kospin Jasa Syariah Capem Kedungwuni, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku atau informasi yang berkaitan dengan isi Tugas Akh.ir. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara clan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif dimana peneliti mengorganisasikan, mengurutkan data dan memilah-rnilah data menjadi satuan yang dapat dikelola, kemudian melakukan analisis dengan tanpa menggunakan statistik dan selanjutnya menguraikan dan menafsirkan data tersebut tersebut secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pemasaran di Kospin Jasa Syariah Capem Keclungwuni sudah bisa menjalankan fungsi manajemen pemasaran dan tujuan pemasaran sebagai faktor pendukung untuk dapat menarik minat anggota atau calon anggota serta mengoptimalkan perolehan laba. Dalam segmentasi pasar pada tiga produk yang diteliti oleh penulis adalah segrnentasi pasar untuk Tabungan SIKESRA Mudharabah dilihat clari pendapatan yang penghasilannya di bawah rata-rata UMR Pekalongan karena tabungan ini untuk kalangan menengah ke bawah, Tabungan INT AN Mudharabah clilihat dari usia yaitu untuk tabungan investasi pendiclikan di masa depan bagi anak. clan yang terak.hir TAKOP Wadiah untuk. semua kalangan masyarakat tidak terbatas usia. pendapatan, atau pendidikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Penentuan Segmen Pasar pada Produk Tabungan | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:03 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3794 |
Actions (login required)
View Item |