Peran Full Day School dalam pembentukan Akhlak siswa di SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan

Widiyanti, Yuyun (2019) Peran Full Day School dalam pembentukan Akhlak siswa di SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I -V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Sistem pendidikan Full Day School dimaksudkan agar siswa dapat mengurangi pergaulan bebas di luar sekolah.Jika siswa lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah, maka interaksi dengan lingkungan luar menjadi lebih sedikit. Hal ini akan menjauhkan siswa dari pergaulan bebas semacam narkoba, tawuranpelajar, seksbebas, dan sebagainya. Karena di sekolah anak lebih terkontrol oleh guru yang membimbingnya. Berbeda jika anak sudah di rumah adan berinteraksidenganlingkunganluartanpapengawasandariorangtua. Rumusanmasalah dalam penelitian ini sebagaiberikut:bagaimanapelaksanaanfull day school di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan?,bagaimanapembentukanakhlaksiswa di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan?, dan bagaimana peran full day schooldalam pembentukanakhlaksiswa di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan?TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipelaksanaanFull day school di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, untukmengetahuipembentukanakhlaksiswa di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan.Dan untukmengetahui peran full day schooldalam pembentukanakhlaksiswa di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan.Kegunaan penelitian iniadalah sebagai berikut:sebagaibahanreferensi yang dapatdigunakanuntukmemperolehgambaranmengenaiperan full day schooldalam pembentukanakhlaksiswa di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Jenis penelitianinidisebutpenelitianlapangan (field research) yaituprosedurpenelitian yang menghasilkan data deskriptif, penelitiandeskriptifinimerupakanpenelitian yang benar-benarhanyamemaparkanapa yang terdapatatauterjadidalamsebuahlapangan, atausuatuwilayahtertentu. Berdasarkanhasilpenelitiandapat disimpulkan sebagai berikut: PelaksanaanFull Day School di SMA Negeri 1 Sragiberdasarkanhasilpenelitiandilakukansesuaidengan: tujuanpenerapanfull day school di SmaNegeri 1 SragiKabupatenPekalongan,kurikulumfull day school di SMA Negeri 1 SragiKabupatenPekalongan; danindikatorpelaksanaanfull day school di SMA Negeri 1 SragiKabupatenPekalongan.Upaya yang telahdilakukandalampembentukanakhlakpesertadidikyaitu: menanamkandanmembangkitkankeyakinanberagama, menanamkanetikapergaulansertamenanamkankebiasaan yang baik. PeranFull Day Schooldalampembentukanakhlakpesertadidikdapatterlaksanakarenaadanya: kurikulum yang mendukung,sumberdayamanusiadari para pendidik yang mumpuni,dansaranaprasaranadanfasilitas yang kontributif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pendidikan, Full Day School, disiplin belajar siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 23 Apr 2020 02:38
Last Modified: 06 May 2020 00:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item