Peran ekstrakurikuler rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal

Hafiz, Wafi Ahdil (2023) Peran ekstrakurikuler rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119026_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2119026_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pendidikan yang menyelimuti kehidupan manusia tidak hanya terpusat pada pengetahuan saja melainkan juga pada penanaman nilai. Penanaman nilai tersebut termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Secara umum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah termasuk SMK hanya 3 jam pelajaran. Keterbatasan waktu tersebut menjadikan penanaman nilai pendidikan agama Islam tidak bisa maksimal sehingga masih terjadi perilaku kenakalan siswa. Demikian pula yang terjadi di SMKN 3 Kota Tegal terdapat beberapa kenakalan siswa seperti bolos sekolah, merokok, dan perkelahian. Atas hal tersebut kemudian membuat sekolah mengambil berbagai cara untuk mendukung penanaman nilai PAI pada siswa yang salah satunya melalui ekstrakurikuler Rohis. Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana peran ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal?, bagaimana bentuk implementasi penanaman nilainilai pendidikan agama Islam dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis di SMKN 3 Kota Tegal?, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal?. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal, bentuk implementasi penanaman nilai-nilai tersebut dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis, dan faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menerapkan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa SMKN 3 Kota Tegal yaitu sebagai lembaga keagamaan yang mengembangkan wawasan agama Islam, sebagai lembaga dakwah yang menyerukan kepada kebaikan, dan sebagai lembaga kemasyarakatan yang memberikan manfaat kepada sesamanya. Sedangkan proses penanaman nilai tersebut diimplementasikan dalam kegiatan-kegiatan Rohis, seperti Tartil Al-Qur’an, Kajian Islami, Hadrah, Bersih-Bersih Masjid, PHBI, Berbagi Takjil, dan Pesantren Kilat. Adapun faktor-faktor yang mendukung ekstrakurikuler Rohis dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi siswa yaitu adanya sarana prasarana yang memadai, dukungan dari kepala sekolah dan guru, dan pendanaan dari sekolah. Sedangkan yang menjadi penghambat adalah benturan jadwal dengan ekstrakurikuler lain, kurang maksimalnya kaderisasi pengurus kepada anggota, dan kejenuhan terhadap kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufid, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran, ekstrakurikuler rohis, nilai-nilai pendidikan agama islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:53
Last Modified: 06 Feb 2024 06:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item