Peran Personal Selling Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Berguna Di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang

Azizah, Umroh (2015) Peran Personal Selling Dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Simpanan Berguna Di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012111063 UMROH AZIZAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2012111063 UMROH AZIZAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

BMT yang merupakan lembaga keuangan rnikro berfungsi sebagai penyedia kredit rnasyarakat, khususnya pengusaha kecil dengan rnengacu pada sistem bagi hasil, bukan bunga sebagai layaknya lernbaga keuangan lainnya, seperti bank konvesional. Oleh karena itu, BMT adalah lembaga altematif yang pengelolaan dan strategi instrumennya berdasarkan prinsip syariah. Nasabah merupakan salah satu faktor terpenting dalam meraih kesuksesan dalam memasarkan produk-produk yang ditawarkan oleh BMT. Produk yang ditawarkan haruslah memenuhi keinginan dart kebutuhan nasabahnya. J adi, setiap produk selalu diarahkan guna memenuhi kebutuhan dan keinginan sehingga terjadi kepuasan nasabah. Maka peluncuran produk perlu strategi• strategi tertentu, strategi ini dikenal dengan nama strategi produk. Aclapun rumusan masalah dr.lam penelitian ini yaitu, rnengenai personal selling yang dilakukan oleh BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang dan peran personal selling dalam peningkatan jumlah nasabah tabungan simpanan berguna (Sim B) di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang. Penelitian ini merupakan per.elitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengurnpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Basil penelitian ini menunjukkan bahwa Personal Selling merupakan satu• satunya alat .prornosi yang menyajikan presentasi pribacli dalam bentuk percakapa.i langsung saling bertatap rnuka antara penjual clengan satu atau lebih pembeli dirnana penjualan personal (personal selling) clapat membujuk atau rnempengaruhi pernbeli clengan tujuan tercipta suatu penjualan. Tujuan• tujuan personal selling antara lain, rnengadakan analisis pasar, rnenentukan calon pembeli. mengadakan komunikasi, memberikan pelayanan, dan rnemajukan pelanggan. Prinsip-Prinsip personal selling adalah: persiapan yang matang,. rnendapatkan atau menemukan tempat pembeli, merealisasikan penjualan, menimbulkan goodwill setelah penjualan terjadi. Personal selling memiliki bel., "i)a tahap yaitu: mencari cal on pelanggan, pendekatan, presetasi clan demonstrasi, mengatasi keberatan, penutupan. tinclak lanjut clan pemeliharaan. Peran personal selling dalam peningkatan jumlah nasabah tabungan sirnpanan berguna di BMT Citra Keuangan Syariah Comal Pemalang sangat besar. Hal ini clapat clibuktikan dari jumlah nasabah yang menurun drastis akibat clari pengurangan tenaga personal selling sehingga jumlah nasabah di BMT Citra Keuangan S yariah Comal Pemalang juga menurun secara drastis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFahrina, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamara, KarimaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Personal Selling, Jurnlah Nasabah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:03
Last Modified: 18 Oct 2023 08:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item