Analisis Marketing Mix 7P Dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus AH Wedding Organizer Pekalongan)

Anisa, Rifka (2023) Analisis Marketing Mix 7P Dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus AH Wedding Organizer Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119193_Bab I dan Bab V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
4119193_Full Text.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan gaya hidup masyarakat zaman sekarang, banyak masyarakat yang ingin segala sesuatunya bisa dilakukan dengan cepat dan instan. Atas hal ini, wedding planner bisa dijadikan solusi untuk masyarakat yang hendak melangsungkan proses pernikahannya. Berkaitan dengan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi marketing mix 7P pada AH Wedding Organizer Pekalongan dan untuk mengetahui kesesuaian marketing mix 7P pada AH Wedding Organizer Pekalongan dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang mana pendekatan yang dilaukan yaitu pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari pemilik, karyawan, dan konsumen yang pernah menggunakan jasa AH Wedding Organizer Pekalongan. Dalam mengolah data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan dalam strategi Marketing Mix 7P di AH Wedding Organizer Pekalongan antara lain: (Produk) AH Wedding Organizer Pekalongan memasarkan produknya dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan produk yang dijual jelas adanya. (Harga) tidak terlalu mahal, bisa membayar melalui online maupun offline, terdapat potongan harga dan diskon (Promosi) menyebar brosur saat mengikuti event dan melalui media sosial instagram dan tiktok. (Tempat) sudah strategis karena lokasi dekat dengan jalan raya dan masjid. (Orang) kinerja karyawan sudah memenuhi standar perusahaan dengan bersikap ramah dan upah yang diberikan oleh owner ke karyawan juga sudah tepat waktu. (Proses) alur pembelian jasa di AH Wedding Organizer dan sikap karyawan saat komplain sudah beretika. (Bukti Fisik) hiasan rumah yang bagus,nyaman, toilet bersih, brosur yang berisikan logo. AH wedding Organizer Pekalongan juga sudah menerapkan prinsip tauhid, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebaikan atau kejujuran dengan menjalankan pekerjaan tetapi tetap ingat akan Allah SWT, bertanggung jawab akan pekerjaannya dan upah yang aan diberikan, jujur dalam segala kondisi yang ada, dan mengeksplorasi penyelesaian masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:57
Last Modified: 29 Sep 2023 02:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3831

Actions (login required)

View Item View Item