Strategi Promos! Tabungan Syari' Ah Qurban Dan Aqiqah (Tasyquro) Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Di Btm Comal Pemalang

Estu, Fadillah Nur (2014) Strategi Promos! Tabungan Syari' Ah Qurban Dan Aqiqah (Tasyquro) Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Di Btm Comal Pemalang. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012111024 FADILLAH NUR ESTU BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2012111024 FADILLAH NUR ESTU BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Produk TASYQURO adalah simpanan dengan menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah yang di khususkan untuk kepentingan Qurban dan Aqiqah. Namun minat nasabah pada produk TASYQURO ini masih kurang, rneskipun dalam perhitungannya secara jumlah nasabah naik tetapi dalam presentasenya tidak siginifikan karena jumlah perkembangan TASYQURO tidak sebanyak kenaikan tabungan yang lain. Oleh karena itu BTM Comal harus melakukan strategi pemasaran untuk meningkatakan minat nasabah pada produk TASYQURO. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran TASYQURO dalam meningkatkan nasabah dan implikasi dari pet. ksanaan strategi pemasaran terhadap minat nasabah pada produk TASYQURO. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran TASYQURO dalam · meningkatkan nasabah dan mengetahui implikasi dari pelaksanaan strategi pemasaran terhadap minat nasabah pada produk TASYQURO di BTM Comal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan lokasi di BTM Comal. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data Primer dengan cara wawancara dan observasi sedangkan data sekundemya ada!ah dokumentasi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis adalah data primer dengan wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder dengan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pernasaran TASYQURO dalam meningkatkan nasabah di BTM Comal adalah sebagai berikut: pertama, adanya strategi promosi yaitu dengan cara mendatangi sekolah-sekolah, majelis taklim, pasar dengan menyebarkan brosur-brosur atau iklan yang menarik. Kedua, strategi harga, dalam menetapkan harga, BTM Comal tidak memberatkan masyarakat seperti pada produk TASYQURO setoran awal yaitu 100.000. Ketiga, adanya strategi produk dengan akad mudharabah mutlaqah yaitu dengan timbal balikjasa berupa bagi hasil yang kompetitif sesuai dengan syariat Islam. Keempat, adanya strategi distribusi dengan adanya market channel antara dinas Koperasi maupun BTM center. Adapun implikasi yang dihadapi BTM Comal adalah masyarakat sekitar belum memaharni produk TASYQURO, kurang ketertarikan masyarakat dalam menabung, nasabah masih merasa ragu atau bimbang karena saldo dalam tabungan tida dapat diambil sewaktu-waktu, kurangnya perhatian terhadap prornosi produk TASYQURO, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya jaringan dalam memasarkan produk

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKholil, MakrumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRahmawati, RitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Produk TASYQURO adalah simpanan dengan menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah yang di khususkan untuk kepentingan Qurban dan Aqiqah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:04
Last Modified: 18 Oct 2023 08:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3843

Actions (login required)

View Item View Item