Kholiq, Abdul (2016) Strategi Membangun Loyalitas Nasabah Dengan Relationship Marketing Pada Produk Simpanan Hari Raya Idhul Fitri (Sim-H) Di Bmt Citra Keuangan Syariah Bendan Pekalongan. Diploma thesis, STAIN Pekalongan.
Text
2012111031 ABDUL KHOLIQ BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (5MB) |
|
Text
2012111031 ABDUL KHOLIQ BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Relationship marketing merupakan pengenalan setiap pelanggan secara lebih dekat dengan menciptakan komunikasi dua arah dengan mengelola suatu hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan pelanggan. BMT Citra Keungan Syariah Bendan Pekalongan sebagai badan usaha milik perorangan harus meningkatkan kepuasan nasabah sehingga dalam hal ini BMT Citra Keungan Syariah Bendan Pekalongan perlu membangun loyalitas nasabah dengan Strategi Relationship Marketing dengan harapan mempertahankan loyalitas nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab analisis bagaimana strategi membangun loyalitas nasabah dengan relationship marketing dan implikasi terhadap keberlangsungan produk simpanan hari raya idhul fitri (SIM-H) di BMT Citra Keungan Syariah Bendan Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di BMT Citra Keungan Syariah Bendan Pekalongan. Subyek dan informan dalam penelitian ini adalah produk simpanan hari raya idhul fitri, manager, staf BMT Citra Keuangan Syariah Bendan Pekalongan dan nasabah, obyek dalam penelitian ini adalah Strategi Relationship marketing dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas anasabah. Data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari observasi, dan wawancara,data sekunder menggunakan dokumentasi. Untuk mengecek kredibilitas informasi/data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuali tati f. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: bahwa BMT Citra ;r<-eungan Syariah Bendan Pekalongan telah menerapakan strategi relationship marketing dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabahnya. Hal ini dibuktiakan dengan cam mengidentifikasi produk yang diinginkan oleh nasabah dan memberikan kebebasan karyawan untuk mernpraktekkan kreativitas mereka dalam menyelesaikan masalah dengan nasabah, Tetapi setrategi yang dilakukan belum efetif dilihat dari menurunnya jumlah nasabah periode 2011-2014. kemudian pada tahun 2015 sampai sekarang produk tersebut telah dihilangkan dikarenakan jumlah nasabah yang semakin menurun dan kurang percayanya nasabah terhadap produk itu di BMT.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Relationship Marketing, BMT Citra Keungan Syariah Bendan Pekalongan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:04 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:04 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3849 |
Actions (login required)
View Item |