Yunianti, Ika Fenny (2023) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif dan motifasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Talun,Kecamatan Talun,Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
5220053 Cover Bab I - Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text (Thesis)
Full Text1.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Proses Pendidikan tidak terlepas dari Pembelajaran. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pembelajaran dibutuhkan komunikasi antara guru dengan peserta didik agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Guru bisa menciptakan metode, model maupun strategi dalam pembelajaran Permasalahan pada penelitian ini: 1. Apakah Strategi pembelajaran aktif berpengaruh terhadap hasil belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan agama Islam? 2. Apakah Motivasi berpengaruh terhadap hasil belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ? 3. Apakah strategi pembelajaran aktif dan motivasi berpengaruh secara simultan terhadap hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ? Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk Membuktikan pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam.Untuk Membuktikan pengaruh Motivasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam.Untuk Membuktikan strategi pembelajaran aktif dan motivasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan Kegunaanya yaitu: memberi manfaat yang signifikan bagi semua pihak, dan memperkaya khazanah dan wawasan keilmuan mengenai bahasan tentang strategi pembelajaran aktif dan motivasi belakjar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data angka yang diolah dengan metode statistika. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kausal komparatif artinya hubungan yang bersifat sebab-akibat. Jadi, di sini ada variabel independen (variabel yang dipengaruhi) dan dependen (variabel yang dipengaruhi), yakni melibatkan kegiatan peneliti yang diawali dari mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Analisis pada strategi pembelajaran aktif tidak berpengaruh secara parsial maupun bersama terhadap hasil belajar dengan demikian maka banyak faktor lain selain variabel strategi pembelajaran yang mempengaruhi terhadap hasil belajar. 2. Analisis pada motivasi mempunyai pengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, sehingga perlu banyak motivasi yang dilakukan oleh tenaga pendidik terhadap siswa untuk meningkatkan hasil belajar. 3. Analisis pada strategi pembelajaran aktif dan motivasi tidak mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar ,dengan demikian variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat hasil belajar lebih banyak dari variabel motivasi dibandingkan dengan variabel strategi pembelajaran aktif.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pembelajaran, Motivasi | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2023 09:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2023 09:13 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3860 |
Actions (login required)
View Item |