Styowati, Nur Lis (2023) Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Profesionalisme Guru Terhadap Kecerdasan Emosional Guru MI di Kecamatan Gringsing. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
5321023 - Cover_Bab I_Bab V.pdf Download (20MB) |
|
Text
5321023_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap kecerdasan emosional guru MI; menganalisis pengaruh motivasi kerja guru terhadap kecerdasan emosional guru MI; menganalisis pengaruh profesionalisme guru terhadap kecerdasan emosional guru MI; menganalisis pengaruh antara kompetensi, motivasi kerja, dan profesionalisme guru terhadap terhadap kecerdasan emosional guru MI. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MI di Kecamatan Gringsing yang berjumlah 144. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan dengan menggunakan persamaan Slovin jumlah sampel yang digunakan berjumlah lima puluh sembilan guru. Instrumen yang digunakan menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional guru (t hitung = 3,508 > nilai t tabel = 2,004 dan nilai p-value=0,001<0,05), Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional guru (t hitung = 2,308> nilai t tabel = 2,004 dan nilai p-value=0,025<0,05), Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kecerdasan emosional guru (nilai t hitung = 3,266> nilai t tabel = 2,004 dan nilai p-value=0,002<0,05. Nilai koefisien regresi pada variabel X1 sebesar 0,160, koefisien regresi pada variabel X2 sebesar 0,704; dan koefisien regresi pada variabel X2 sebesar 0,692. Kemudian, nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa ketiga variable independen yang digunakan memiliki kontribusi sebesar 59,6% dalam mempengaruhi variasi perubahan variable kecerdasan emosional guru Mi di Kecamatan Gringsing.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | kompetensi, motivasi kerja, profesionalisme, kecerdasan emosional | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:33 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3912 |
Actions (login required)
View Item |