KHASANAIH, USWATUN_ (2014) Penerapan Card Sort Methode Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Alquran Di TPQ Syafa'atul Muttaqien Kranji Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110210 USWATUN KHASANAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (6MB) |
|
Text
2021110210 USWATUN KHASANAH BAB I - V DAN LAMP FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Khasanah, Uswatun. 2021110210. 2014. Penerapan Card Sort Methode dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Alquran di TPQ Syafaatul Muttaqien Kranji Kedungwuni. Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Pembimbing : Umum Budi Karyanto, M.Hum. Kata Kunci: Card sort Methode, Pembelajaran Membaca dan Menulis Alquran. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka, penyelenggaraan pendidikan harus mampu meningkatkan mutunya. Mutu pendidikan dapat ditunjang dari berbagai aspek, salah satunya adalah metode pembelajaran. Metode pembelajaran melalui aktivitas pembelajaran secara aktif adalah card sort methode. Metode pembelajaran ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang objek atau mereviu informasi. Prinsip dari metode ini siswa clengan aktif mencari pasangan yang ia dapatkan dengan mencari kartu pasangannya tersebut pada kartu yang dibuat berserakan. Setelah mendapatkan pasangannya maka siswa mempresentasikan alasannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa'atul Muttaqien Kranji Kedungwuni? dan bagaimana penerapan card sort methode dalam pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafaatul Muttaqien Kranji Kedungwuni?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca clan menulis Alquran di TPQ Syafaatul Muttaqien Kranji Kedungwuni clan menganalisis bagaimana penerapan card sort methode dalam pembelajaran membaca dan menulis Alquran di TPQ Syafa'atul Muttaqien Kranji Kedungwuni. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokurnentasi. Untuk menganalisis data rnenggunakan teknik analisis data deskriptif dengan memakai proses berpikir secara induktif. Basil analisis menunjukkan bahwa tampak perbedaan antara penerapan model pembelajaran konvensional dengan card sort. Tampak adanya perubahan• perubahan yang signifikan baik dari aspek keaktifan, kooperatif maupun perubahan-perubahan tingkah laku. Hasil tes mengalami kenaikan dimana siswa yang tadinya sulit menerima materi yang diterangkan setelah menggunakan card sort siswa menjadi mudah menerima materi yang diterangkan sehingga kemampuan membaca dan menulis Alquran mengalami peningkatan. Suasana kelas semakin bertambah semarak dan hidup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Card sort Methode, Pembelajaran Membaca dan Menulis Alquran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X1.121 Tajwid | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:05 | ||||||||
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3956 |
Actions (login required)
View Item |