Strategi Guru Dalam Membangun Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bendan 01 Kota Pekalongan

Hamiguno, Bagas (2023) Strategi Guru Dalam Membangun Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bendan 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318201_Cover_Bab 1 dan Bab V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2318201_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi guru dalam membangun kecerdasan interpersonal pada siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. Data hasil penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari siswa dan guru. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan/ verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal mereka bisa dikatakan sudah mulai nampak, hal ini dikarenakan fakta di lapangan menunjukkan mengenai 6 indikator yang harus dimiliki untuk bisa dikatakan memiliki kecerdasan interpersonal tinggi, namun pada siswa kelas IV ini belum sepenuhnya ke 6 indikator tersebut bisa tercapai dengan baik. Kemudian peran guru dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru juga harus berpacu dalam pembelajaran, dengan memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Artinya peran dorongan juga sangat penting, dalam hal ini seperti strategi guru dalam belajar yang baik dan bervariasi yang dilakukan dalam proses pembelajaran juga dapat memberikan semangat belajar siswa agar dapat membangun kecerdasan interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru,kecerdasan interpersonal, pembelajaran.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:55
Last Modified: 30 Oct 2023 01:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item