Nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik dalam Kitab Wasoyaalaba'Lilabna Karya Syekh Syakir As Sakandari

SAIHU, SAIHU (2014) Nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik dalam Kitab Wasoyaalaba'Lilabna Karya Syekh Syakir As Sakandari. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110216 SAIHU BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110216 SAIHU FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Saihu . 202.111.0216. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak eserta Didik Dalam kitab Wasoya Al aba' Lil Abna'i karya Syekh Syakir As-sakandari. Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: Maskhur, MAg Pendidikan merupakan sebuah proses pembentukan akhla bagi peserta didik , yang merupakan proses mobabilitas vertikal dari aspek konitif, afektif, psiomotorik itu merupakan tujuan dari sebuah pendidikan. Oleh ka ena itu Islam juga menjunjung tinggi akhlak, rasuluilah diutus ke dunia untuk me yempurnakan akhlak, artinya akhlak didalam Islam itu suatu yang urgen dan mEpunyai nilai yang tinggi. Maka pendidikan islam dapat digambarkann sebagai sebuah sistem untuk menuju kebahagian dunia dan akhirat. Salah satu karya dari Sekh Syakir as sakandari yang rnembahas tentang pendidikan akhlak kitabnya ang berjudul Wasoya Al aba' Lil Abna'i yang membahas tentang konsep pendidikan akhlak agar mempunyai akhlak yang mulia, mempunyai sifat terpuji dan eninggalkan sifat yang tercela. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ya adalah Bagaimana nilai-nilai Pendidikan Akhlak peserta didi dalarn kitab Wasoya Al aba' Lil Abna'i, bagaimana relevansi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak peserta didik dalam kitab Wasoya Al aba' Lil Abna'i dengan kons]"ep Pendidikan akhlak tasawuf. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan j nis penelitian studi pustaka (library research) dengan menggunakan pendekatan talitatif, yaitu suatu metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode iteratur, yaitu suatu metode dengan membaca dari sumber yang ada ditelaah dengan menggunakan metode pustaka. Adapun analisis data menggunakan analisis diskripsi, analisis interpretasi dan analisis conten (content analisis). _t Kitab Wasoya Al Aha' Lil Abna'i merupakan kitab yang isinya memuat pendidikan akhlak yang isinya sangat dibutuhkan peserta didik unt k menghadapi maasa depan yang cerah dengan cara berakhlakul karimah, kitab soya Al Aha' Lil Abna' berisi tentang pendidikan akhlak bagi para pelajar, yang neliputi akhlak terhadap Allah dan rasulnya, akhlak terhadap orang tua, akhlak erhadap guru, saudara dan teman, akhlak dalam menuntut ilmu, tentang sifat terpuji yang harus dimiliki, dan sifat tercela yang harus dihindari, agar mudah difalami kitab ini menggunakan beragam metode dalam penyampaian, yaitu metode asihat, metode pembiasaan, metode kisah, metode dialog, rnetode perumpamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaskhur, MaskhurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X0.01 Karangan-karangan tentang Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:06
Last Modified: 18 Oct 2023 08:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4005

Actions (login required)

View Item View Item