Peran Peer Group Support (Dukungan Kelompok Sebaya) Dalam Mengembangkan Resiliensi Siswa Di SMP N 15 Pekalongan

RISKA KHODIJA, DEWI (2014) Peran Peer Group Support (Dukungan Kelompok Sebaya) Dalam Mengembangkan Resiliensi Siswa Di SMP N 15 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110219 DEWI RISKA KHODIJAH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (12MB)
[img] Text
2021110219 DEWI RISKA KHODIJAH FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Khodijah, Dewi Riska. 2021110219. 2014. Peran Peer Group Support (Dukungan Kelompok Sebaya) dalam Mengembangkan Resiliensi Sisfa di SMP N 15 Pekalongan. Skripsi Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan. Pembimbing : Umum Budi Karyanto, M.Hum. Kata Kunci : Peer Group Support, Resiliensi Masa remaja adalah masa yang rentan sekali terhadap masalah. Banyak sekali problem yang terjadi pada masa ini, dari pencarian jati diri, hingga keinginan untuk menjadi dewasa. Untuk menghadapi berbagai macam persoalan hidup diperlukan resiliensi atau daya lenting untuk bangkit dari keterpurukan sehingga remaja mampu melewati setiap tekanan dan masalah dalam hidup dan dengan sendirinya menjadi dewasa. Dalam upaya mengembangkan resiliensi pada remaja, dukungan teman sebaya (peer group support) dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan resiliensi mereka. Keeratan, keterbukaan dan perasaan senasib dapat menjadi peluang sebagai upaya memfasilitasi perkembangan remaja. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat resiliensi remaja dan juga untuk mengetahui seberapa besar peran dukungan kelompok sebaya dapat mempengaruhi resiliensi para siswa. Dengan harapan, bahwa dinamika kelompok yang terjadi di ~~dalam dunia remaja dapat membawa dampak positifbagi perkembangan mereka. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Fie/. research). Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design yang di bentuk dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dan tes. Teknik analisis drtanya menggunakan uji t berpasangan (paired t test). Hasil penelitian pada kelompok kontrol menunjukka bahwa dukungan kelompok sebaya yang terintegrasi dalam kehidupan remaja mampu memberi energi positif bagi kelompok remaja tersebut sehingga dapat saling membantu dalam mengembangkan resiliensi mereka. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik dengan hasil thitung 9,334 > t%tse 2,145 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 s~hingga H1 diterima. Kemudian pada kelompok eksperimen, hasil uji menunjukkan ahwa tin 8,456 > tasaw 2,145, hal ini memberi makna bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest para siswa. Artinya treatment yang diberikan kepada para subyek penelitian dengan memanfaatkan peer group support terbukti dapat membantu meiingkatkan resiliensi para siswa tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peer group suppo t terbukti berperan dalam mengembangkan resiliensi siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik non parametik paired t test dengan hasil tao 30,346 > tasa 2,145 /dengan signifikansi 0,00 < 0,05 sehingga H, diterima yang bermakna bahwa peer oup support dapat membantu mengembangkan resiliensi siswa di SMP N 15 Pekalo gan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudi Karyanto, UmumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan Resiliensi SisWa
Subjects: 000 GENERALITAS (UMUM) > 060 General Organizations, Foundations/Organisasi-organisasi Umum > 061 General Organizations in Indonesia/Organisasi-organisasi Umum di Indonesia
000 GENERALITAS (UMUM) > 060 General Organizations, Foundations/Organisasi-organisasi Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:06
Last Modified: 18 Oct 2023 08:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item