Pengaruh kompetensi kepribadian Guru Aqidah Akhlaq terhadap Akhlaq al-Karimah siswa kelas VIII di MTS Nahdlatul Ulama 0l Batang

TITIS PRATITA, DYAH (2015) Pengaruh kompetensi kepribadian Guru Aqidah Akhlaq terhadap Akhlaq al-Karimah siswa kelas VIII di MTS Nahdlatul Ulama 0l Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110221 DYAH TITIS PRATITA BAB 1, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text
2021110221 DYAH TITIS PRATITA BAB 1 - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prati ta, Dyah Titis. 2021110221. "Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Aqidah Akhlaq terhadap Akhlaq AI-Karimah Siswa Kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang". Skripsi Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing I H. Zaenal Mustakim, M. Ag dan Pembimbing II Hj. Nur Khasanah, M. Ag. Kata kunci: Kepribadian Guru Aqidah Akhlaq, Akhlaq Al-Karimah. Kompetensi kepribadian guru sangat berperan dalam dunia pendidikan karena guru bukan hanya penyampai ilmu, tetapi juga suri teladan bagi murid dan masyarakat luas. Sikap, sifat dan keteladan yang dimiliki oleh seorang guru di sekolah sangat diperhatikan dan ditiru oleh peserta didik. Berdasarkan pendapat diatas, maka dirumuskan pennasalahan yaitu: Bagaimana kompetensi kepribadian guru aqidah di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang? Bagaimana akhlaq al-karimab siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang? Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru aqidah akhlaq terhadap akhlaq al-karimah siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang?". Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru aqidah di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang. Untuk mengetahui akhlaq al• karimah siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru aqidah akhlaq terhadap akhlaq al-karimah siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis, dapat memberikan pemikiran dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan Islam, dapat menambah dan memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang pendidikan akhlaq. Secara praktis, Bagi pendidik, diharapkan guru mampu meningkatkan kompetensi kepribadian yang dimiliki untuk mendidik akhlaq anak. Bagi peserta didik, tennotivasi untuk lebih giat belajar dan berusaha meningkatkan akhlaq al-karimahnya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana satu prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru aqidah akhlaq mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap akhlaq al-karimah siswa kelas VIII di MTs Nahdlatul Ulama 01 Batang. Hal itu terbukti dengan basil perhitungan analisis regresi satu prediktor diperoleh nilai test sebesar 6,848. Pada tingkat kesalahan 5% ta»e sebesar 2,000 berarti [test Itta»e, maka H, ditolak, H,, diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1% sebesar 2,660 maka [tee ltae, maka H,, ditolak, H,, diterima. Kemudian pada perhitungan koefisien determinasi R diperoleh basil 0,447. Jadi dapat disimpulkan bahwa baik perhitungan pada tingkat kesalahan 5% dan 1 % memiliki interprestasi sama, ini menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Dan pada basil perbitungan koefisien determinasi R2 kompetensi kepribadian guru aqidah akhlaq mempunyai pengaruh terhadap akhlaq al-karimah siswa kelas VIII sebesar 44,7%. Sedangkan sisanya, sebesar 55,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, H. ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhasanah, Hj. NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru Aqidah Akhlaq, Akhlaq Al-Karimah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:06
Last Modified: 18 Oct 2023 08:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item View Item