MASRURO, LAELATUL (2015) Peranan kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan Agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.
Text
2021110224 LAELATUL MASRUROH BAB I,V DAN LAMP.PDF Download (8MB) |
|
Text
2021110224 LAELATUL MASRUROH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Abstract
Kegiatan tadarus Al-Qur'an di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang merupakan salah satu upaya pembiasaan pengamalan agama siswa sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama kepada diri siswa, sehingga siswa dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebab lain yaitu siswa yang mempunyai latar belakang yang berbeda seperti siswa dari lingkungan keluarga yang agamis dengan siswa dari keluarga yang kurang agamis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa dan faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data berupa analis deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa kelas IV di SD Negeri Proyonanggan 14 Batang berjalan dengan baik. Ada pun peranan kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama yaitu siswa akan menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan tadarus Al-Quran, membentuk karakter siswa yang lebih baik, menyadarkan siswa bahwa kegiatan tadarus Al-Qur'an sebagai bentuk keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah, melatih siswa untuk selalu datang tepat waktu agar dapat mengikuti kegiatan tadarus Al-Qur'an dengan baik, siswa dapat menghafal surat-surat pendek karena sering diulang-ulang, menciptakan suasana kelas yang tenang dan khidmat saat pelajaran dimulai. Siswa diarahkan agar menjadi pelaku agama yang baik, dapat menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama kepada diri siswa, sehingga siswa dapat mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tadarus Al-Qur'an dalam pembiasaan pengamalan agama siswa dipengaruhi oleh dua faktor, pertama faktor pendukung yang mempengaruhi kegiatan tadarus Al-Qur'an yaitu adanya motivasi dan dukungan guru, orang tua, motivasi dalam diri siswa, keberadaan TPQ dan lingkungan masyarakat. Kedua faktor penghambat kegiatan tadarus Al-Qur'an yaitu pengetahuan guru tantang ilmu tajwid yang masih minim, perbedaan daya pikir anak dan pendidikan orang tua yang rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tadarus Al-Qur'an, Pembiasaan, Pengamalan Agama | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2023 06:11 | ||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2023 06:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4032 |
Actions (login required)
View Item |