Konsep pendidikan berbasis Multiple Intelligences menurut Munif Chatib (kajian pustaka buku berjudul sekolahnya manusia karya Munif Chatib)

FITRIANI, LAILA (2014) Konsep pendidikan berbasis Multiple Intelligences menurut Munif Chatib (kajian pustaka buku berjudul sekolahnya manusia karya Munif Chatib). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021110225 LAILA FITRIANI BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110225 LAILA FITRIANI FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Trend dunia pendidikan abad 21 menuntut pola pembelajaran yang lebih memberdayakan berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki peserta didiknya. Prinsip-prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh UNESCO, sebagaimana dikutip oleh E. Mulyasa, bahwa pendidikan harus diletakkan pada empat pilar, yaitu belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar melakukan (learning to do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to life together), belajar menjadi diri sendiri (learning to be), dan belajar seumur hidup (life long learning) menuntut pola pembelajaran yang mampu mengembangkan berbagai kecerdasan peserta didik. Munif Chatib hadir dengan memperkenalkan penelitiannya yang berkaitan dengan multiple intelligences (kecerdasan majemuk) yang dituliskan dalam buku karyanya yang berjudul sekolahnya manusia. teori-teorinya mengambil dari tokoh yang memperkenalkan teroi multiple intelligences yaitu Howard Gardner. Munif Chatib beranggapan bahwa hampir semua sekolah yang telah ditelitinya tersebut terjebak pada pemahaman bahwa multiple intelligences adalah bidang studi. Kesalahpahaman ini dimungkinkan karena kemiripan istilah antara jenis kecerdasan yang dimunculkan oleh Howard Gardner dan nama bidang studi. Kecerdasan matematis-logis disamakan dengan bidang studi matematika, kecerdasan linguistik dianggap bidang studi bahasa Indonesia, kecerdasan Musik dianggap bidang studi musik, menyanyi, dan memainkan alat-alat musik, kecerdasan kinestetis dianggap bidang studi olahraga, dan seterusnya. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas maka rumusan masalah yang ada adalah sebagai berikut: konsep pendidikan berbasis multiple intelligence menurut Munif Chatib, dan mencari keunggulan dan kelemahan dalam buku sekolahnya manusia karya Munif Chatib. Dengan tujuan per,elitian untuk mengetahui konsep pendidikan berbasis multiple intelligences 1 enurut Munif Chatib. Dan keunggulan kelemahan dari buku sekolahnya manusia karya Munif Chatib. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kepustakaan, maka pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yang dilakukan dengan cara mencari, memilih, menyajikan, dan menganalisis data-data dari literatur atau sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti, baik dari buku-buku, majalah, miupun internet. Terkait dengan hal tersebut, ada dua sumber yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Adapun sumber primer yang digunakan adalah buku sekolahnya manusia karya Munif Chatib dan sumber sekunder yaitu buku-buku yang terkait dengan judul penelitian. Dalam menganalisis data-data yang ada peneliti akan menggunakan metode content analysis, yang dimaksud bentuk isi (content) catatan penelitian ialah nama yang diberikan terhadap suatu entitas catatan yang diambil dari bahan bacaan pustaka. Peneliti kepustakaan yang profesional biasanya terdiri dari lima macam jenis isi catatan penelitiannya: (1) ekstrak kata demi kata; (2) ringkasan; (3) referensi; (4) deskriptif; (5) reflektif. Basil penelitian yang telah dilakukan bahwa: Kon~p pendidikan berbasis multiple intelligences menurut Munif Chatib dapat disi pulkan bahwa usaha untuk dapat melakukan redefinisi kecerdasan yang didalam usaha tersebut perlu dihubungkan dengan teori kecerdasan. Redefinisi kecerdasan menurut Munif Chatib yaitu mendefinisikan kembali atau merekonstruks~· ulang konsep tentang kecerdasan yang telah mapan sebelumnya dalam jangk waktu relatif lama dengan jalan melengkapi atau menambahkan dengan konsep baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMustakim, ZaenalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences Menurut Munif Chatib
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 25 Oct 2023 09:14
Last Modified: 25 Oct 2023 09:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4033

Actions (login required)

View Item View Item