Pembentukan akhlak santri melalui metode pembelajaran pesantren oleh K.H. Ahmad Luthfi Sa'id dalam kajian kitab adabul santri di pondok pesantren Asma' Chusna Kranji Kedungwuni Pekalongan

Shinta, Nadia Alma (2023) Pembentukan akhlak santri melalui metode pembelajaran pesantren oleh K.H. Ahmad Luthfi Sa'id dalam kajian kitab adabul santri di pondok pesantren Asma' Chusna Kranji Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119213_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119213_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembentukan akhlak yang baik bagi anak dirasa semakin diperlukan terutama di zaman modern yang sering dihadapkan pada masalah moral, misalnya: perkelahian, pergaulan bebas dan kasus akhlak amoral lainnya. Krisis akhlak tersebut membuktikan kualitas pendidikan agama yang seharusnya memberi nilai spiritual namun justru tidak memiliki kekuatan karena kurangnya kesadaran dalam beragama. Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam non formal masih dipandang relevan untuk dijadikan media pembentukan akhlak dan moral bagi para santri. Kitab kuning merupakan ciri khas dalam pondok pesantren. Salah satu kitab yang membahas tentang akhlak adalah kitab Adabul Santri karya Syaikh K.H. Ahmad Luthfi Sa’id. Pondok pesantren yang mengkaji kitab Adabul Santri adalah Pondok Pesantren Asma’ Chusna Kranji Kedungwuni Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu bagaimana bentuk metode pembelajaran pesantren dalam kajian Kitab Adabul Santri sebagai basis pembentukan akhlak santri di pondok pesantren Asma’ Chusna oleh K.H. Ahmad Luthfi Sa’id ?, faktor apa saja yang mendorong K.H. Ahmad Luthfi Sa’id dalam membuat kitab Adabul Santri sebagai media pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Asma’ Chusna ? dan bagaimana implikasi akhlak santri kepada guru dalam kitab Adabul Santri di Pondok Pesantren Asma’ Chusna?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembentukan akhlak santri melalui metode pembelajaran pesantren yang dilakukan oleh K.H. Ahmad Luthfi Sa’id, mengungkapkan faktor-faktor yang mendorong pembuatan kitab Adabul Santri serta menganalisis implikasi akhlak santri kepada guru dalam kitab Adabul Santri di Pondok Pesantren Asma’ Chusna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh dari pengasuh, guru pengajar akhlak dan santri pondok pesantren Asma’ Chusna. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, yaitu kajian kitab Adabul Santri di Pondok Pesantren Asma’ Chusna menggunakan metode bandongan dan praktik langsung. Faktor pendorong dibuatnya kitab Adabul Santri adalah adanya keinginan membuat kitab yang dapat menjadikan para santri senang menuntut ilmu dan sekaligus bisa membentuk akhlak para santri sesuai dengan zamannya. Implikasi akhlak dalam kajian kitab Adabul Santri di Pondok Pesantren Asma’ Chusna sudah baik, para santri mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHanif, Ma'munUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kitab adabul santri, pembentukan akhlak, implikasi akhlak santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 23 Oct 2023 06:17
Last Modified: 06 Feb 2024 06:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4066

Actions (login required)

View Item View Item