Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FEBI Dalam Penggunaan Dompet Digital ShopeePay.

Parwati, Ayu (2023) Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FEBI Dalam Penggunaan Dompet Digital ShopeePay. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4219157_AYU PARWATI_COVER-BAB I_BAB V_DAFTAR RIWAYAT HIDUP(1).pdf

Download (5MB)
[img] Text
4219157_AYU PARWATI_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan dan Promosi Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FEBI Dalam Penggunaan Dompet Digital ShopeePay. Perilaku konsumtif yaitu kecenderungan seseorang berperilaku berlebihan dalam membeli sesuatu atau membeli secara tidak terencana. Perilaku konsumtif condong terjadi dimasa remaja khususnya pada mahasiswa karena difase ini mereka mencari jati dirinya. Perilaku konsumtif bisa dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan ataupun manfaat yang bisa didapatkan ketika mengunakan sebuah sistem. Selain itu faktor promosi juga dapat mendorong individu melakukan pola konsumsi yang berlebihan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, kebermanfaatan dan promosi terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI dalam penggunaan dompet digital ShopeePay. Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, metode pengambilan sampel menggunakan Accitendal Sampling dengan total sampel 100 responden yang merupakan mahasiswa aktif FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang menggunakan ShopeePay. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi mengunakan bantuan SPSS 26. Hasil uji T menunjukkan variabel persepsi kemudahan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif variabel kebermanfaatan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Variabel promosi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji F dapat disimpulkan variabel persepsi kemudahan, kebermanfaatan dan promosi terdapat pengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI. Pada uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,24 yang dapat diartikan bahwa kontribusi variabel independen persepsi kemudahan, kebermanfaatan dan promosi mampu menjelaskan variabel dependen (perilaku konsumtif) sebesar 24% dan sisanya 76% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDAbadi, Muhammad TaufiqUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kemudahan, Kebermanfaatan, Promosi, Dompet Digital ShopeePay, Perilaku Konsumtif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:19
Last Modified: 30 Oct 2023 06:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item