Analisa anomali holiday effect terhadap return saham syariah di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2012-2014

Sandi, Denni Dwi (2015) Analisa anomali holiday effect terhadap return saham syariah di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2012-2014. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2013110108 DENNI DWI SANDI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Text
2013110108 DENNI DWI SANDI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (32MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anomali pasar sebagai teknik atau strategi yang tampaknya hertentangan dengan pasar efisien. Pada pasar efisien anomali tersebut seharusnya tidak terjadi. Dalam teori keuangan, dikenal sedikitnya empat macam anomali pasar. Keempat anomali tersebut adalah anomali perusahaan (firm anomalies), anomali penanggalan atau musiman (calendar anomalies/ seasonal anomalies), anomali peristiwa atau kejadian (event anomalies) dan anomali akuntansi (accounting anomalies). Holiday effect adalah salah satu bagian dari calendar anomalies. Satu atau lebih liburan penting dalam kalender mengandung holiday effect dimana pendapatan saham di hari-hari menjelang libur jauh lebih tinggi dibanding hari- hari biasa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah return saham syariah di Jakarta Islamic Index (JII) sebelum dan sesudah Hari Libur Tahun Baru Hijriah, Maulid Nabi, Isra Mi'raj, Idul Fitri, Idul Adha dan keseluruhan Hari Libur Islam (Islamic Holiday). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa return saham syariah di Jakarta Islamic Index (JII) sebelum dan sesudah Hari Libur Islam (Islamic Holiday). Sedangkan manfaat penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi tentang peluang terjadinya holiday effect di pasar modal Indonesia, sehingga dapat menjadi wacana yang bermanfaat di bidang investasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komparasional yaitu penelitian yang berusaha untuk menemukan persamaan ataupun perbedaan tentang benda, orang, prosedur kerja ataupun ide, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sejumlah 10 saham perusahaan dari populasi Jakarta Islamic Index (JI) periode 2012-2014, pengambilannya dengan menggunakan purposive sampling Sumber Data yang dipakai adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan Uji Statistik Paired Sampel T-test untuk mengetahui adanya perbedaan sebelum hari libur Islam (pra holiday) serta sesudah hari libur Islam (post holiday). Dari hasil analisis data dengan Uji Paired Sampel T-test menunjukkan bahwa Ha diterima pada Hari Libur Tahun Baru Hijriah, Maulid Nabi, Idul Fitri, Idul Adha dan keseluruhan Hari Libur Islam (Islamic Holiday) dalam artian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum (pra holiday) maupun sesudah hari libur Islam (post holiday) terhadap return saham indeks JII periode 2012- 2014 (fenomena holiday effect tidak teridentifikasi) dan Ha ditolak pada Hari Libur Isra Mi'raj dalam artian terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum (pra holiday) maupun sesudah hari libur Islam (post holiday) terhadap return saham indeks JII periode 2012-2014 (fenomena holiday effect teridentifikasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahmawati, RitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: holiday effect, return indeks JII
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Oct 2023 02:33
Last Modified: 28 Oct 2023 02:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4187

Actions (login required)

View Item View Item