Pengaruh motivasi konsumen dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian smartphone android merek samsung pada mahasiswa ekonomi syariah STAIN Pekalongan

Hidayat, Feri (2016) Pengaruh motivasi konsumen dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian smartphone android merek samsung pada mahasiswa ekonomi syariah STAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2013110149 FERI HIDAYAT BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2013110149 FERI HIDAYAT BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (29MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya persaingan industri tekhnologi telekomunikasi yaitu ditandai dengan banyaknya produk-produk smartphone android, banyaknya produk akan menjadikan perubahan perilaku konsumen, karena konsumen semakin banyak pilihan untuk menentukan produk mana yang akan dibeli, pemahaman yang mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian, akan membantu produsen lebih tepat dalam menentukan manajemen pemasaran, karena produsen dapat memahami apa yang diinginkan konsumen, smartphone android merek Samsung adalah merek yang banyak digunakan masyarakat indonesia khususnya mahasiswa STAIN Pekalongan, dengan bermunculan banyaknya produk smartphone pada saat ini, mengakibatkan produk smartphone android merek Samsung ini mengalami presentase pertumbuhan pada penjualan di tahun terakhir paling rendah dibanding pertumbuhan dengan vendor lain. Selain itu penelitian ini membahas mengenai perilaku konsumen perdasarkan perspektif Islam karena objek yang diteliti merupakan mahasiswa ekonomi syariah STAIN Pekalongan dengan tujuan untuk mengetahui apakah mahasiswa ekonomi sudah dapat menerapkan teori-teori konsumsi islam, dalam keputusan pembelian smartphone android merek Samsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Setelah melakukan kajian literatur dan penyusunan hipotesis, data yang dikumpulkan memalui kuesioner pada 80 responden yang diperoleh menggunakan teknik Teknik Incidential Sampling Sedangkan penentuan pengambilan jumlah sampel dilakukan dengan rumus Slovin. Kemudian dilakukan analisis data yang dengan menggunakan analisis regresi linier berganda Dari analisis tersebut diperoleh. Hasil uji t motivasi konsumen (XI) nilai signifikansi 0,000 0,05, sedangkan persepsi kualitas X2 nilai signifikansi 0,000 0,05 maka variabel motivasi konsumen (XI) dan persepsi kualitas (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y), hasil uji F variabel independen (motivasi konsumen dan persepsi kualitas) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) dengan nilai signifikansi 0,000 0,05, nilai adjusted R square 0,450, variabel-variabel independen dalam penelitian ini mampu menerangkan 45% variasi keputusan pembelian. sedangkan sisanya, 55% dijelaskan variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar ke dua aspek tersebut, dan hasil analisis deskriptif sebagian besar mahasiwa ekonomi syariah STAIN Pekalonagn telah menerapkan teori konsumsi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pengaruh, motivasi konsumen, persepsi kualitas, keputusan pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 28 Oct 2023 05:18
Last Modified: 28 Oct 2023 05:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item