Penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-quran di TPQ Al-Huda Cepokokuning Kec. Batang Kab. Batang

Hamzah, Nur (2016) Penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Al-quran di TPQ Al-Huda Cepokokuning Kec. Batang Kab. Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111312 NUR HAMZAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text
2021111312 NUR HAMZAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, metode merupakan bagian yang sangat dibutuhkan dan penting. Demikian urgensinya metode dalam proses pendidikan dan pengajaran, sebuah proses belajar mengajar (PBM) bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Dalam pembelajaran Alquran, metode yang digunakan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan membaca Alquran. Guru (ustadz/ustadzah) harus mampu memilih metode yang tepat dan efisiean sehingga dapat tercipta proses belajar dan pembelajaran yang efektif dan dapat memperbesar minat belajar siswa. Dengan demikian belajarnya pun akan meningkat. Salah satunya yang diterapkan oleh para Ustadz dan ustadzah yaitu metode pengajaran An-Nahdliyah. Metode ini lahir dari Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Tulungagung bersama dengan para kyai dan para ahli dibidang pengajaran Alquran. Metode tersebut diberi nama "Metode Cepat Tanggap Belajar Alquran". Lahirnya metode tersebut didasari oleh beberapa pertimbangan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dapat diangkat adalah bagaimana Pelaksanaan Metode An-Nahdliyah dalam Pembelajaran Alquran Di TPQ Al-Huda Cepokokuning Kec. Batang Kab. Batang. Tujuan dari penelitian adalah Untuk mendeskripsikan penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Alquran di TPQ Al-Huda Cepokokuning kec.Batang kab. Batang dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Alquran di TPQ Al-Huda Cepokokuning kec.Batang kab. Batang. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalab untuk memberikan gambaran bahwa santri TPQ Al-Huda memberikan banyak manfaat khususnya para orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode pengumpulan data dengan observasi, interviu dan dokumentasi. Adapun data yang telah terkumpul dianalisis dan diteliti berdasarkan analisis yang bersifat diskriptif. Selanju1nya hasil dari penelitian dalam skripsi ini adalah pelaksanaan penerapan metode An-Nahdliyah dalam pembelajaran Alquran di TPQ Al-Huda Cepokokuning kec. Batang kab Batang. Dilihat dari keseluruhan proses pembelajarannya tergolong dalam kategori yang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dalam pelaksanaan penerapan metode an-Nahdliyah di TPQ Al-Huda Cepokokuning Batang mengacu dan berpedoman pada buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmail, IsmailUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode an-Nahdliyah, Pembelajaran Alquran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:19
Last Modified: 01 Nov 2023 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4232

Actions (login required)

View Item View Item