Pengaruh metode pembiasaan membaca Al-qur'an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan kabupaten Pemalang

Ni'mah, Lilik Musfirotun (2015) Pengaruh metode pembiasaan membaca Al-qur'an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111324 LILIK MUSFIROTUN NI_MAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] Text
2021111324 LILIK MUSFIROTUN NI_MAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode pembiasaan sebagai salah satu metode pendidikan yang dianjurkan dalam Al-Qur'an dan hadits diantara beberapa metode lainnya. Upaya memudahkan hafalan Al-Qur'an maka diperlukan metode yang bisa menunjang hafalan. MTs N Petarukan merupakan sekolah yang menerapkan metode pembiasaan membaca Al-Qur'an dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek dan do'a sehari-hari bagi siswa. Permasalahan yang dibahas meliputi metode pembiasaan membaca Al-Qur'an di MTs N Petarukan, kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan, serta pengaruh metode pembiasaan membaca Al-Qur'an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Adapun tujuan dalam pendelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembiasaan membaca Al-Qur'an di MTs N Petarukan, kemampuan Menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan, dan pengaruh metode pembiasaan membaca Al Qur'an terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan tes lisan. Analisisnya dengan analisis statistik dan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembiasaan membaca Al-Qur'an di MTs N Petarukan termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata 50 yang terletak pada interval 50-52. Sedangkan kemampuan mengahafal surat-surat pendek siswa MTs N termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata 71 yang terletak pada interval 70- 73. Metode pembiasaan membaca Al-Qur'an mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek siswa MTs N Petarukan. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan t0 = 3,05 lebih besar dari t1 pada taraf signifikan 1 %=2,728 dan nilai tr pada taraf signifikan 5% = 2,032 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Sementara itu besarnya presentase pengaruh metode pembiasaan membaca al-Quran terhadap kemampuan menghafal surat-surat pendek adalah 48,4 %. Sedangkan sisanya 51,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUla, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Kemampuan Menghafal
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:19
Last Modified: 01 Nov 2023 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4238

Actions (login required)

View Item View Item