Sari, Nia Leviana (2023) Peran Guru Dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Akidah Akhlak Di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN.K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118220_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2118220_Ful Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Guru memegang peranan yang sangat penting baik di sekolah maupun di masyarakat. Guru adalah komponen manusia yang terlibat dalam proses belajar mengajar, yang berperan dalam proses pembentukan kepribadian anak dan merupakan orang yang potensial dalam bidang pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran akidah akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan, dan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan, Bagaimana Peran Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : untuk mendeskripsikan pembelajaran akidah akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan, untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran akidah akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. lokasi penelitian bertempat di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. wawancara dilakukan terhadap kepala sekolah, guru Akidah Akhlak, dan beberapa siswa kelas IX SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pembelajaran akidah akhlak di SMP Islam Yarokhis Simbang Wetan Kabupaten Pekalongan dijalankan dengan baik, secara tersadar dan tersistem dalam program dan pelaksanaan pembelajarannya, menggunakan beberapa metode pendukung yaitu metode nasehat, keteladanan, pembiasaan, dan motivasi supaya dapat mencapai tujuan pembelajaran. Peran guru PAI dalam mengoptimalkan pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan maksimal karena guru memiliki peran dalam menentukan kualitas pengajaran yang dilaksanakannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Mengoptimalkan Pembelajaran Akidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2024 04:33 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2024 04:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4271 |
Actions (login required)
View Item |