Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian pakaian dalam perspektif ekonomi islam (Studi Kasus Pasar Tradisional Kajen)

Qolina, Nisfa Inti (2023) Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan pembelian pakaian dalam perspektif ekonomi islam (Studi Kasus Pasar Tradisional Kajen). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013316040_COVER_BAB I & BAB V_DP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013316040_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian pakaian dalam perspektif ekonomi islam. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Variabel dependen (Y) yang digunakan dalam penelitian ini adalah keputusam pembelian, untuk variabel independen (X) yang digunakan yaitu faktor budaya (X1), faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologis (X4). Jumlah sampel yang ada dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor budaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 3,237 > 1,984 dan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Faktor sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 2,882 > 1,984 dan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05. Faktor pribadi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 2,888 > 1,984 dan nilai signifikan sebesar 0,005 < 0,05. Faktor Psikologis memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 0,450 < 1,984 dan nilai signifikansi sebesar 0,654 > 0,05. Secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psiklogis memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pakaian dalam perspektif islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMursid, Mansur ChadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 02 Nov 2023 05:39
Last Modified: 02 Nov 2023 05:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4280

Actions (login required)

View Item View Item