Psikoedukasi Dalam Program Parenting Untuk Mnegurangi Stress Pada Orang Tua Anak Autis di Puskesmas Bumiayu

Azulfa, Dida (2023) Psikoedukasi Dalam Program Parenting Untuk Mnegurangi Stress Pada Orang Tua Anak Autis di Puskesmas Bumiayu. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3517080_DIDA AZULFA_COVER-BAB I-BAB V_DAFTAR RIWAYAT HIDUP..pdf

Download (1MB)
[img] Text
3517080_DIDA AZULFA..pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anak autis memerlukan pola asuh khusus, agar ia bisa mendapatkan perhatian dan tempat di keluarga agar bisa mendukung proses penyembuhan. Orang tua anak anak autis juga memerlukan pengetahuan yang lebih tentang anak autis, sehingga orang tua akan memahami atau mengidentifikasi sejak dini gejala autis dan tau bagaimana harus melakukan tindakan yang terbaik untuk menunjang perkembangan anak autis. Salah satunupaya yang dapatmdilakukan untuk mengurangi dampak psikososialiyang dirasakaniorang tua dari anak dengan gangguan autis adalah dengannmemberikan parenting education melalui psikoedukasi kepada orang tua. Skripsi ini berjudul “Psikoedukasi dalam program parenting anak autis di Puskesmas Bumiayu.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program parenting anak autis di Puskesmas Bumiayu dan untuk mengetahui proses pelaksanaan psikoedukasi dalam program parenting anak autis di Puskesmas Bumiayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan teknik analisis data yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Proses pelaksanaan psikoedukasi dalam program anak autis di Puskesmas Bumiayu, dapat dilihat dari tahapan awal yang terlewati dengan baik dibuktikan dengan pembimbing berhasil melakukan pendekatan dengan baik terhadap orang tua dibuktikan dengan orang tua yang mampu mengikuti tahapan-tahapannya dengan baik, terbentuknya interaksi antara pembimbing dan orang tua, terbukanya orang tua dengan pembimbing terkait keluhan yang dirasakan, masalah pola asuh orang tua yang belum tepat, pada tahapan inti sudah terlewati dengan baik karena orang tua dapat menerima maksud dari penyampaian materi yang disampaikan pembimbing, kemudian pada tahapan akhir juga sudah terlewati dengan baik karena pembimbing dapat mengevaluasi perasaan orang tua sehingga orang tua mendapatkan semangat yang baru. Dari data yang sudah dianalisis dapat disimpulkan bahwa Proses pelaksanaan psikoedukasi dalam program anak autis di Puskesmas Bumiayu, sudah berjalan dengan sangat baik. Program parenting untuk mengasuh anak autis di Puskesmas Bumiayu, dapat dilihat dari tiga tahapan yaitu tahap preventif, disini orang tua dapat melewati tahapan dengan baik, orang tua dapat meminimalisir masalah dengan mencegahnya melalui pengasuhan dengan baik. Pada tahap perkembangan sudah terlewati dengan baik karena orang tua mampu mengoptimalkan potensinya. Pada tahap terapi orang tua sudah dapat melewatinya dengan baik, orang tua dapat memecahkan masalahnya mengenai kesulitan pengasuhan pada anaknya yang menderita autis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhaerunnisa, Tri DarmaningrumUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Psikoedukasi, Parenting, Anak Autis.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:25
Last Modified: 17 Jan 2024 08:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item