Strategi promosi produk tabungan sukarela sebagai upaya peningkatan dana pihak ketiga di KSU (koperasi simpan usaha) kopena pusat Pekalongan periode 2011-2013

Parlina, Iin (2015) Strategi promosi produk tabungan sukarela sebagai upaya peningkatan dana pihak ketiga di KSU (koperasi simpan usaha) kopena pusat Pekalongan periode 2011-2013. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2012112059 IIN PARLINA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (14MB)
[img] Text
2012112059 IIN PARLINA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi promosi merupakan suatu perencanaan yang disusun oleh perusahaan dengan menggerakkan sumber daya perusahaan, dengan tujuan agar produk yang dimiliki bisa laku di masyarakat dengan cara memberikan informasi tentang produk, manfaat, harga, di mana dapat diperoleh dan kelebihan dibanding dengan produk pesaing. Strategi promosi yang digunakan oleh KSU Kopena (Koperasi Pemuda Buana) Pusat Pekalongan yaitu dengan memanfaatkan sarana promosi iklan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Penelitian ini dilakukan di KSU Kopena (Koperasi Pemuda Buana) Pusat Pekalongan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi produk tabungan sukarela sebagai upaya peningkatan DPK (Dana Pihak Ketiga) dan hambatan yang dihadapinya. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan datanya yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh KSU Kopena Pusat Pekalongan pada produk tabungan sukarela sebagai upaya peningkatan DPK menggunakan 4 sarana promosi, yaitu iklan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Promosi dengan media periklanan dilakukan melalui brosur, spanduk, banner, dan radio. Personal selling dilakukan dengan memberikan informasi, penjelasan, dan menggambarkan tentang fungsi produk serta pelayanan yang di diberikan oleh perusahaan. Adapun promosi penjualan dilakukan dengan mengadakan kontes undian dengan banyak hadiah yang disediakan antara lain: paket perjalanan umroh, kulkas.mesin cuci, televisi, kipas angin, magic com, dan uang tunai @100.000 dalam bentuk tabungan sukarela. Promosi melalui publisitas dilakukan dengan membuka stan pada acara-acara pameran. Dari keempat sarana promosi tersebut yang dapat meningkatkan DPK secara signifikan yaitu promosi penjualan. Namun Keempat nya merupakan kegiatan yang saling mendukung, di mana media ikian sebagai piranti dalam publisitas, promosi penjualan, dan personal selling. Dalam melakukan strateg. promosi. KSU Kopena Pusat Pekalongan tidak luput dari adanya hambatan-hambatan yang dihadapinya, baik dari sarana promosi iklan, publisitas personall selling, ataupun promosi penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:54
Last Modified: 02 Nov 2023 08:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4287

Actions (login required)

View Item View Item