Persatuan Dan Toleransi Pada Konten "Dakwah Piala Dunia" Di Channel Youtube Jeda Nulis (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk)

Khafidhoh, Nur (2023) Persatuan Dan Toleransi Pada Konten "Dakwah Piala Dunia" Di Channel Youtube Jeda Nulis (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3419018_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3419018_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman ras, suku, budaya dan agama. Keragaman yang ada akhirnya menimbulkan perbedaan. Untuk menjaga agar perbedaan tersebut tidak menimbulkan perpecahan, maka dibutuhkan dakwah yang didalamnya memuat nilai toleransi dan persatuan. Salah satu da‟i yang sering memberikan pesan persatuan dan toleransi adalah Habib Husein Ja‟far. Beliau adalah seorang penulis sekaligus da‟i yang kerap menyiarkan dakwah melalui media digital, salah satunya di akun Youtube beliau yakni “Jeda Nulis”. Dalam berdakwah, Habib Husein Ja‟far seringkali mengambil tema dari sesuatu yang sedang hangat dibicarakan. Salah satunya yakni konten Youtube beliau yang berjudul “Dakwah Piala Dunia”. Piala dunia yang dimaksud adalah piala dunia Qatar 2022. Piala dunia ini sempat menjadi perbincangan masyarakat, khususnya masyarakat muslim karena pertama kalinya piala dunia diadakan di negara muslim. Dari adanya momen tersebut, Habib Husein Ja‟far mencoba memanfaatkan situasi tersebut dengan memberikan dakwah yang di dalamnya mengandung nilai persatuan dan toleransi yang dihubungkan dengan pelaksanaan piala dunia di Qatar. Tema persatuan dan toleransi yang diangkat Habib Husein Ja‟far dalam video “Dakwah Piala Dunia” membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana wacana persatuan dan toleransi tersebut disampaikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana persatuan dan toleransi pada konten dakwah piala dunia di channel Youtube jeda nulis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis library research. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk yang melihat wacana dari segi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa dimensi teks wacana persatuan dan toleransi diamati dari struktur makronya (tema), superstrukturnya (urutan teks) dan struktur mikronya (latar, detil, maksud, bentuk kalimat, koherensi, kata ganti, gaya bahasa, grafis, dan metafora). Dimensi kognisi sosial Habib Husein Ja‟far dalam membuat wacana persatuan dan toleransi didapatkan dari ayah dan juga buku-buku serta kehidupan sehari-hari beliau. Habib Husein Ja‟far juga dikenal sebagai da‟i yang selalu mengedepankan nilai-nilai toleransi saat berdakwah, beliau juga memiliki ideologi Ahlussunnah Wal Jama‟ah yang dikenal dengan sikap moderat. Pada dimensi konteks sosial, terdapat dua poin penting yakni praktik kekuasaan dan akses dalam mempengaruhi wacana, adapun praktik kekuasaan Habib Husein Ja‟far adalah gelar beliau sebagai seorang pendakwah sekaligus seorang habib, selain itu, beliau juga memiliki jama‟ah online yang dinamakan dengan pemuda tersesat. Dalam akses mempengaruhi wacana, Habib Husein Ja‟far menggunakan akun Jeda Nulis dan media tulisan baik secara langsung maupun media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAzzuhri, MuhandisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persatuan, Toleransi, Dakwah Piala Dunia, Analisis Wacana Kritis
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.21 Pelaku Dakwah
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.59598 Pers dan Media Massa Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:37
Last Modified: 22 Feb 2024 04:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item View Item