Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter sopan santun pada siswa di SMK Negeri 7 Jakarta

Febrianti, Anita (2023) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter sopan santun pada siswa di SMK Negeri 7 Jakarta. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119033_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2119033_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Latar belakang masalah ini berangkat dari semakin canggihnya masa sekarang, sehingga salah satu dampak yang dirasakan ialah memudarnya karakter sopan santun pada diri siswa terutama siswa yang memilih Lembaga Pendidikan non Islami atau Lembaga Pendidikan yang lebih mengarah pada pekerjaan (Kejuruan). Walaupun SMK Negeri 7 Jakarta bernotaben sebagai Lembaga Pendidikan yang mengarah pada kejuruan, akan tetapi ia dapat mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik pada siswa. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter sopan santun di SMK Negeri 7 Jakarta (2) Bagaimana dampak dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam upaya pembentukan karakter sopan santun di SMK Negeri 7 Jakarta. Adapun tujuan pada penulisan ini sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter sopan santun di SMK Negeri 7 Jakarta. (2) Untuk mengetahui dampak dari implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter sopan santun di SMK Negeri 7 Jakarta. Penulisan ini merupakan jenis penulisan lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penulisan di SMK Negeri 7 Jakarta Kecamatan Pulogadung, Kota Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penulisan yang telah dilakukan pada implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam adanya dampak yang didapatkan yaitu adanya budaya berjabat tangan sebelum atau sesudah melakukan pembelajaran di sekolah. Dampak lain yang dapat di lihat yaitu siswa memiliki penampilan yang lebih rapi serta lebih mengarah ke syariat Islam, timbulnya sifat ramah yang dicontohkan dengan bertegur sapa diluar sekolah ataupun diluar dari jam pembelajaran dan yang lainnya. Dengan adanya dampak tersebut dapat dilihat bagaimana pentingnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mempengaruhi karakter sopan santun pada siswa di masa milenial seperti sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYazid, M. AbaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, pembelajaran pendidikan agama islam, dan karakter sopan santun.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:59
Last Modified: 26 Jan 2024 02:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item