Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Pada Kegiatan Pengajian Majelis Sholawat Darul Innat di Desa Bumiharja Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal

ROBBANI, FATKHUR (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Pada Kegiatan Pengajian Majelis Sholawat Darul Innat di Desa Bumiharja Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2119349_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119349_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Fatkhur Robbani. 2119349. 2023. Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Pada Kegiatan Pengajian Majelis Sholawat Darul Innat di Desa Bumiharja Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Dr. Nanang Hasan Susanto M.Pd.I. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Sosial, Pengajian, Majelis Sholawat Darul Innat. Pendidikan Sosial memiliki peran yang penting dalam mengembangkan kepribadian individu dan memberikan arahan bagi individu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar, di tengah perkembangan zaman yang terus berubah, nilai-nilai pendidikan sosial terus mengalami perubahan dan penyesuaian, perubahan zaman mempengaruhi cara individu memahami dan melaksanakan praktik keagamaan, hal ini juga terjadi dalam kegiatan keagamaan seperti kegiatan pengajian majelis ta’lim darul innat Adapun rumusan masalah penelitian ini, yaitu Bagaimana penyelenggaraan Kegiatan Majelis Sholawat Darul Innat Di Desa Bumiharja Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal? Dan Apa Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat Pada Kegiatan Pengajian Majelis Sholawat Darul Innat Di Desa Bumiharja Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan sosial yang ada dalam kegiatan pengajian majelis sholawat darul innat di Desa Bumiharja Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah pembina majelis sholawat, tokoh agama anggota dan tokoh masyarakat Desa Bumiharja. Adapun data sekunder yang digunakan berupa buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam mengambil kesimpulan, mengacu pada rumusan masalah dan data hasil penelitian, kemudian dapat diambil kesimpulan yaitu Pengajian ini diselenggarakan setiap hari Sabtu pukul 19:00 oleh masyarakat Bumiharja secara rutin setiap dusun. Adapun susunan acara pelaksanaan pengajian jumat wage secara umum sebagai berikut : Pembukaan dengan doa bersama, Pembacaan ayat-ayat suci Al- Qur’an, Tahlil, Menyanyikan lagu (Indonesia Raya, Mars Syubbanul Wathon), Sambutan-sambutan, Mauidhotul Hasanah, santunan, Doa, Penutup. Dalam kegiatan pengajian majelis sholawat darul innat di Desa Bumiharja ini terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan sosial, diantaranya: Persaudaraan, Toleransi, Tolong Menolong, Empati, Kerja sama, Demokrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Nanang HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Sosial, Pengajian, Majelis Sholawat Darul Innat.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Nov 2023 08:53
Last Modified: 17 Nov 2023 08:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item